Kompol Siti Sundari, Sosok Polisi Peduli Pendidikan dan Lingkungan

 

 

RADAR PALEMBANGKepedulian kepada masyarakat , apalagi sebagai aparat penegak hukum membuat  Kasi Standarisasi  Dit Lantas Polda Sumsel yang juga  Pembina PT Pataka Sriwijaya ( perusahaan pelayanan yang mengkhususkan diri pada Pusdiklat, Pelatihan, Pendidikan dan Penyedia Jasa Security), Kompol Siti Sundari  rela  menghabiskan waktunya untuk berbagi dengan masyarakat dimana program  kepolisian yang harus peduli pada lingkungan  untuk siapa yang membutuhkan.

Hal ini merupakan perintah Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian yang mempunyai Program “Promoter” yaitu Profesional, Modern dan Terpercaya. dimana setiap pribadi Polri harus terjun ke masyarakat dan peduli lingkungan.

Apalagi , selama ini polisi dianggap masyarakat sebagai sosok yang minta di layani dan selalu meminta  dan sosok yang menakutkan  bagi masyarakat  sehingga kesan tersebut harus di hilangkan dengan kepedulian kepada masyarakat.

Untuk itu menurutnya PT Pataka Sriwijaya memiliki program kedepan untuk dunia pendidikan yaitu program yang dikaitkan tugas pokok polisi. Apalagi saat ini jumlah polisi masih kurang yaitu 1 berbanding 10 ribu orang sedangkan masyarakat perlu sentuhan dan informasi terutama level anak-anak sekolah.

“Melihat lingkungan kalau ada yang sakit , ada yang tidak mampu, kita beri santunan , itu jangka pendek  yang bisa kita laksanakan tiap bulan , ini kedepan saya selaku pembina PT Pataka Sriwijaya sendiri yang juga polisi aktip ingin menyumbangkan pikiran saya , polisi  yang sedikit tadi tidak mampu penyentuh sedangkan masyarakat perlu sentuhan dan polisi harus ada dana, makanya kami dari PT Pataka rencananya bulan depan akan melakukan pelatihan guru-guru sekolah  dimana guru-guru ini akan membawa misi kepolisian yang akan disampaikan ke anak-anak didiknya tentang lalu lintas, tentang narkoba,  ini kepedulian saya , ini akan di program tiap bulan,” kata Kompol Siti Sundari  ketika ditemui di markas PT Pataka Sriwijaya  di Jalan  Mayor Zurbi Bustan, Sukajaya, Sukarami, Kota Palembang, Selasa (31/10).

Kegiatan ini menurutnya akan melibatkan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) setempat  karena yang akan memilih gurunya untuk pelatihan ini dari Diknas langsung.

“Saya sudah menghadap Diknas dan sudah menghadap Dir Lantas saya mohon bantuan untuk Pembina , instrukturnya untuk program ini , ini murni dari Yayasan PT Pataka Sriwijaya , disitu aku sebagai Pembina, ini program yang akan saya lakukan tiap bulan,” katanya.

Kegiatan tersebut akan melibatkan 100 sampai 150 orang tiap bulan selama 2 dua hari . “Ini sumbangsih saya kepada Negara, kepada polisi yang menjadikan aku Pembina di PT Pataka Sriwijaya, sudah harus membantu dan peduli kepada masyarakat, inilah tujuan tadi, tolong sampaikan visi dan misi keanak-anak biar sampai tentang kepolisian biar mereka narkoba  tentang narkoba, lalu linta , khan mereka tidak paham , inilah visi saya kedepan yang akan di program terus,” katanya.

Dengan kegiatan ini dirinya akan menggugah  semua perusahaan yang memiliki banyak uang melakukan hal yang serupa. Dia mengaku selama ini sudah sering melakukan pelatihan seperti ini  namun tidak terprogram dan dengan kegiatan ini akan lebih terprogram karena sudah memiliki tempat sendiri. “ Kita hanya minta bantuan ke pemerintah  terutama kepolisian dan Diknas untuk mengisi materi, kami siapkan full tempat, makan , kita semua, gratis mereka , mudah-mudahan dari Kepolisian dan Diknas mau memberikan sertifikat kepada guru-guru tadi yang ikut pelatihan siapa tahu sertifikat tadi perlu, guru-guru perlu di sertifikasi, jadi tujuan kami tercapai, aku dari kepolisian, aku bisa menyampaikan  dan guru dapat reward tadi, inilah benar-benar akan saya kelola dengan baik, mungkin bisa menjadi pilot project menggugah perusahaan besar lain, kita dorong membantu, betapa perlunya anak-anak itu diberikan wawasan mengenai semuanya , masalah kebangsaan, karakter, itu khan mereka kurang dan guru perlu di kasih tambahan ilmu,” katanya.

Selain itu pihaknya akan membantu sarana dan prasarana sekolah seperti bantuan rambu-rambu lalu lintas yang harus diketahui anak-anak sekolah dan di pelajari anak-anak sekolah.(sep)

No Responses

Tinggalkan Balasan