Sidak Bukan untuk Cari Masalah

 

+  Fitrianti Agustinda, Wakil Walikota Palembang

 

 

RADAR PALEMBANG,  FITRIANTI AGUSTINDA (Finda) dikenal paling rajin melakukan sidak hingga ke tingkat kelurahan. Sejak awal menjadi wakil walikota, beliau sangat konsen dengan disiplin pegawai.

“Tugas utama kita melayani masyarakat, kehadiran saya di sini (saat sidak) untuk memastikan pelayanan berjalan dengan baik. Alhamdulillah sejauh ini saya lihat cukup baik, respon masyarakat pun bagus, namun saya tetap berpesan kepada para pejabat dan pegawainya jangan sampai lalai menunaikan tugasnya,” demikian penuturan Finda kala melakukan sidak di Puskesmas.

Seperti apa program Finda menegakkan disiplin pegawai, berikut penuturannya saat dibincangi, Selasa (23/1).

Menurut Anda tingkat disiplin ASN yang ada di Pemerintah Kota Palembang seperti apa? 

Tingkat disiplin ASN di Pemkot Palembang sudah sangat bagus, karena kami terus melakukan sinergi dengan ASN untuk meningkatkan kedisiplinan. Dan jika ada satu atau dua ASN yang tidak disiplin maka akan kami beri tindakan yaitu sanksi Administrasi.

Kami juga selalu melakukan pantauan hampir ke semua ASN di pemkot, bahkan sampai saat ini belum ada laporan ASN yang melakukan pelanggaran.

 

Apa yang akan dilakukan Anda untuk meningkatkan disiplin pegawai?

Untuk terus meningkatkan kedisiplinan pegawai kami akan terus memantau dan tentunya melakukan sidak. karena saya ingin memperbaiki pelayanan yang ada.

Anda akan rutin menggelar sidak?

Untuk memperbaiki pelayanan yang ada tentunya sidak akan terus kami lakukan. Karena sidak ini bukan untuk mencari masalah, ini merupakan salah satu cara kami dalam memantau kinerja Aparatis Sipil Negara (ASN). Karena dulu saya juga pernah menjadi masyarakat biasa, sebagaimana saya ingin mendapatkan pelayanan yang baik maka sekarang saya akan perintahkan ASN untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Bahkan saya ingin pelayanan ASN Pemkot seperti pelayanan bank.

Bagaimana cara mengatasi persoalan pungli yang kerap terjadi dan bagaimana cara Anda untuk menghentikannya ?

Untuk masalah pungli, kan sudah ada saber pungli, dan kami berharap tim saber pungli bekerja secara profesional, dan jika memang ditemukan maka akan diberikan sanksi dan tindakan tegas. Tapi, sejauh ini belum ditemukan ASN yang melakukan pungli. (spt)

 

 

No Responses

Tinggalkan Balasan