Pj Bupati Turun Tangan Atasi Pelayanan Puskesmas Abab

0
111
Pj Bupati dan rombongan menyambangi rumah Siska, warga yang mengunggah kekecewaannya di sosmed yang menilai pelayanan di Puskesmas Abab buruk.

RADAR PALEMBANG –  Masyarakat mengeluhkan pelayanan Puskesmas Abab Kecamatan Abab terutama ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD). Salah satu keluhan diunggah warga dan sempat viral di sosial media, karena menilai akibat pelayanan pada puskesmas tersebut, menyebabkan ibunya meninggal.  Menyingkapi hal tersebut Penjabat Bupati PALI H Rosidin Hasan turun langsung dan mendatangi Puskesmas Abab pada, Senin (17/5).

Kedatangan Pj Bupati PALI didampingi Asisten II Husman Gumanti, Kepala Dinas Kesehatan PALI, Mudakir, Ketua PPNI PALI  Ernawati, dan Ketua IBI PALI.

Pj Bupati menyikapi kejadian itu agar dijadikan cerminan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan paradigma pelayan harus dirubah dengan mengedepankan senyuman meski pun senyuman tidak mengenyangkan tapi menciptakan sugesti. “Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan sebagai garda terdepan, ayo kita layani sepenuh hati. Ketika ada pasien sembuh pasti ada pahala yang didapat meski pahala tidak nampak tapi kedamaian dan ketengan pasti kita rasakan,” pesan Bupati di hadapan puluhan pegawai Puskesmas Abab.

Ditambahkan Pj Bupati bahwa sebagai para medis punya peran sangat penting dalam dunia kesehatan, ditangan para medis banyak orang sembuh. “Tapi kalau dalam memberikan pelayanan tidak sesuai atau dengan raut wajah tidak bersahabat maka pasien yang datang hendak berobat mungkin akan tambah sakit. Namun kalau pelayanan sepenuh hati dan diawali senyuman, mungkin saja saat melihat petugas medis menyapa dengan senyuman pasien akan sembuh sebelum diobati. Untuk itu, ayo ubah mindset kita dan kejadian ini jadi pelajaran kita agar tidak terulang lagi,” imbuhnya.

Bupati menegaskan dirinya tidak mau lagi mendengar adanya keluhan masyarakat terkait pelayanan buruk dari fasilitas kesehatan. “Berikan pelayanan terbaik karena tugas  kita untuk melayani,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes PALI juga menyampaikan hal sama dan berpesan kepada seluruh pegawai Puskesmas Abab agar meningkatkan pelayanan publik. “Jadikanlah sebagai pemacu kita untuk dapat berbenah diri dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat supaya masyarakat terlayani dan tidak menimbulkan keluhan,” kata Kadinkes.

Setelah menyidak puskesmas Abab, Pj Bupati dan rombongan menyambangi rumah Siska, warga yang mengunggah kekecewaannya di sosmed yang menilai pelayanan di Puskesmas Abab buruk yang mengakibatkan ibunya Siska meninggal dunia. Pj Bupati meminta maaf pada keluarga pasien yang meninggal dan meminta keluarga tabah dalam menghadapi musibah. (whr) 

 

 

 

LEAVE A REPLY