Permudah Informasi Keuangan Negara

 

RADAR PALEMBANG, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan belum lama ini menggelar diklat writing skill. Diklat ini menghadirkan narasumber Widyaiswara dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Anggaran dan Perbendaharaan (Pusdiklat AP) Bilmar Parhusip dan Tohirin, serta diikuti oleh pejabat eselon II dan III  serta tim kehumasan lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan..

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan, Sudarso mengatakan, saat ini memiliki writing skill bagi pegawai Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan menjadi sebuah keniscayaan, seiring dengan berubahnya paradigma pola kerja di Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan dari klerikal menjadi analitikal. “Harapannya pegawai kita memiliki kompetensi dalam penulisan yang lebih popular, sehingga masyarakat lebih memahami pokok pikiran yang akan kita sampaikan kepada mereka,”katanya, kemarin.

Adapun beberapa output yang dihasilkan oleh Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan seperti reviu pelaksanaan anggaran, spending review, kajian fiskal regional, government finance statistics, laporan hasil pembinaan dan laporan keuangan Pemerintah Pusat membutuhkan kemampuan analisis dan menulis dari para pegawainya.   “Sinergi antara Direktorat Jenderal Perbendaharaan dengan Media menjadi sangat penting untuk saat ini” kata Tohirin, narasumber dari Pusdiklat AP.

Dikatakanya, stakeholder sangat membutuhkan informasi keuangan negara secara cepat dan akurat. Selain itu, sebuah tulisan itu harus sederhana, populer dan mudah dipahami atau disingkat menjadi SPM. “Tulisan yang menarik tentu dapat meningkatkan minat baca masyarakat dalam menggali informasi mengenai ruang lingkup keuangan Negara,” katanya.

Untuk menstimulus kemampuan menulis para peserta diklat, narasumber memberi tugas untuk membuat sebuah berita current issue seputar Sumatera Selatan. Selanjutnya, peserta diklat diberi tugas membuat artikel terkait dengan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan. Kemudian ditantang untuk membuat ulasan terkait Kajian Fiskal Regional dan Government Finance Statistics dan. mempresentasikan ulasan tersebut.(tma)

No Responses

Tinggalkan Balasan