Peluang MD LEA Menang Cukup Besar

 

RADAR PALEMBANG Koordinator wilayah barat Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI), Muchtar S. Shihab menjelaskan pihaknya telah melakukan dua kali survei dan akan terus melakukan survei berkala setiap 2 atau 3 bulan. Survei September ini menurut Muchtar memberi gambaran terjadinya kontes yang sengit diantara tiga tokoh yang merupakan veteran Pilkada sebelumnya.

“Pada survei LSPI 28 April sampai 4 Mei 2017 lalu, posisi pertama diduduki Sarimuda dengan elektabilitas sebesar 24,7 persen kemudian Harnojoyo, 20,9 persen dan Mularis Djahri, 18,1 persen. Kini posisi itu berubah, Mularis berada di posisi teratas terpaut amat sangat tipis dengan Harnojoyo, sementara Sarimuda terpelanting ke posisi tiga tapi masih dalam rentang margin of error. Jadi memang terjadi saling salip. Hal ini bisa berlangsung terus kecuali ada perubahan pola kampanye dan pergerakan relawan,” ujarnya.

Muchtar menjelaskan pasangan Mularis – Lury Elza Alex Noerdin memiliki peluang menang lebih besar dibanding yang lain. Secara personal Mularis memiliki elektabilitas sebesar 25,4 persen dan Lury Elza sebesar 8,5 persen, jika digabung elektabilitas keduanya akan berjumlah 33,9 persen.

“Peluang menang mereka cukup besar,” ujarnya.

Muchtar menutup pernyataanya dengan menjelaskan populasi survei yaitu seluruh warga Kota Palembang yang sudah berumur 17 tahun lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 820, dengan multisage random sampling. Adapun margin of error sebesar ± 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah terlatih. Satu pewawancara bertugas untuk satu kelurahan yang terdiri hanya 10 responden.

“Quality control dilakukan secara random sebanyak 20% dari total sampel dilakukan oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih. Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti,” tutupnya.(rel)

No Responses

Tinggalkan Balasan