Menunggu Keputusan Politik Aswari

 

RADAR PALEMBANG – Sampai saat ini, partai mana saja yang akan mendukung Ketua DPD Gerindra Aswari Rivai dan berpasangan dengan siapa masih misteri. Padahal, keputusan Aswari akan mengambarkan peta politik pada pilkada Sumsel tahun depan.

Jika Aswari hanya menjadi wakil maka akan menjadi kekuatan bagi calon gubernur untuk mengandeng Aswari, sebaliknya jika Aswari tetap menjadi calon gubernur maka ada kemungkinan pasangan yang maju empat pasang, yaitu Deru, Ishak Mekki dan Dodi Reza, serta Aswari sendiri.

Wakil ketua umum DPP Gerindra, Edhy Prabowo mengatakan, sejauh ini Gerindra tetap memprioritaskan Ketua DPD Gerindra Sumsel Aswari Rivai tetap menjadi calon gubernur bukan calon wakil gubernur. Keputusan ini banyak pertimbangan karena Gerindra ada agenda untuk pileg dan pilpres. “Perjalan kami masih panjang jika Sumsel Gerindra menang maka akan berdampak pada agenda politik pileg dan pilpres mendatang,”kata Edhy.

Menurut Edhy, sesuai dengan instruksi Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto, Aswari tetap menjadi pilihan nomor satu.  Karena Sumsel salah satu basis suara  Gerindra. Dengan modal 10 kursi, Gerindra hanya butuh lima kursi lagi untuk mencalonkan Aswari dalam pertarungan Pilgub tahun depan.

Dikatakan dia, untuk berkoalisi terus dilakukan komunikasi dengan partai dan kandidat cagub. Karena komunikasi ini dilakukan apa yang diambil nantinya. ”Komunikasi politik dengan pak Ishak dan kandidat lainnya tetap dilakukan, karena dalam membangun Sumsel kami tidak bisa sendirian namun harus bersama-sama dengan Parpol dan kandidat lainnya,”kata Edhy.

Terpisah, pengamat politik Universitas Sriwijaya, Ardian Saptawan mengatakan, jika Aswari tetap mencalonkan diri sebagai cagub sangat kuat terutama daerah Basemah, karena hanya Aswari yang mewakili masyarakat basemah. “Sangat kuat, karena kandidat ini laterbelakang dari Musi dan Komering, sedangkan aswari dari Lahat,”kata Ardian.

Dikatakan dia, ini akan menjadi basis suara bagi Aswari untuk mendulang suara dari tanah kelahiran,oleh karena itu jika Aswari hanya mengicar nomor dua maka Aswari akan menjadi magnet bagi cagub untuk berpasangan dengan Bupati Lahat tersebut.

Oleh karena itu, keputusan politik Aswari sangat ditunggu oleh masyarakat maupun kandidat, semakin cepat keputusan diambil oleh Aswari maka peta politik Sumsel sudah terpetakan, dengan kompesisi yang ada nantinya. “Daerah mana saja yang akan menjadi rebutan kandidat untuk mendulang suara yang signifikan,”tukasnya. (zar)

No Responses

Tinggalkan Balasan