Max Metino, Petarung MMA Ajarkan Teknik Brazilian Jiu-jitsu di Palembang

 

 

 

 

RADAR PALEMBANG   Bagi pecinta seni beladiri boxing dan semacamnya, pasti tak asing dengan sosok bernama Max Metino. Petarung Mixed Martial Art (MMA) ini memberikan rahasia gerakan yang banyak dipakai oleh para petarung yang selalu juara. Yakni, gerakan Ground Fighting dan Cleansing Fighting. Kedua teknik ini ialah seni bela diri Brazilian Jiu-jitsu (BJJ). Max sendiri saat memberikan latihan didampingi Budi BySon Harmanto  seorang MMA Fighter dan Kevin Castiel Sulistio finalis One Pride  MMA Fighter sekaligus top rank One Pride.

Ia mengatakan, banyak praktisi bela diri di Indonesia yang belum menguasai teknik ini. “Padahal teknik ini kalau di MMA hampir 80 persen menjadi kunci utama untuk menguasai area pertarungan,” tutur dia di sela-sela memberikan seminar sekaligus latihan bersama  MMA_BJJ  di Warrior  Mixed Martial  Art Palembang  yang terletak  di Jalan A Rozak Palembang, Jumat (18/8).

Menurut  Max,  gerakan utama yang dia berikan ialah teknik bantingan, cekik, kunci. Pria yang sudah terjun di dunia bela diri sejak masih duduk di bangku SD ini, butuh waktu yang lama untuk menguasai teknik seni BJJ.  Ia mengatakan dalam pertarungan di arena, kebanyakan berakhir dengan tiga gerakan utama itu. Dirinya pun menjadi generasi ke empat yang mewarisi seni bela diri BJJ.

Dia juga mengakui, bahwa kebanyakan para praktisi bela diri itu hanya melakukan teknik pukulan dan tendangan. Memang gerakan itu dibutuhkan, tetapi kalau ingin menguasai petarung di arena, kuncinya ialah menguasai teknik ground fighting (kunci, banting, cekik). Namun untuk menguasai teknik itu dibutuhkan niat dan dedikasi yang tinggi.

“Tidak hanya butuh waktu sebulan atau dua bulan, tetapi setahun sudah terbiasa dan dua tahun akan jago. Seminggu latihan minimal 5 kali. Sering ikut pertarungan di arena,” imbuh petarung yang terkenal dengan jurus gerakan serangan ombak ini.

Max sendiri butuh waktu dua tahun untuk menguasai teknik BJJ. Ia mengorbankan banyak waktu untuk menghabiskan latihan demi menguasai teknik ini. Tak hanya itu saja, ia juga mempraktekkan gerakan ground fighting. Ia menyebutkan ada empat hal yang wajib dimiliki yakni Side Mount, Kesa Gatame, Rev Kesa Gatame, dan North and south.

“Empat gerakan itu wajib dikuasai oleh seorang ground fighter. Kalau itu sampai tidak bisa atau lolos, ya penguasaan ground fighting kurang mendalam dan menguasai. Oleh karena itu, saya menyebutkan harus maksimal untuk menguasai teknik ini,” ungkap dia.

Max berharap, dengan memberikan ilmu tentang gerakan ini, banyak yang mengaplikasikan dan mempraktekkannya di mana saja. Karena ini merupakan gerakan untuk membela dan melindungi diri. “Bisa bela diri itu keren kok. Gak ada batasan usia, gender. Saya mewajibkan malah untuk wanita bisa melakukan gerakan bela diri,”katanya.

Bagus Untuk Cewek

Max menambahkan kalau olahraga Brazilian JiuJitsu sangat bagus untuk cewek. Nggak hanya melatih pertahanan diri, jiu jitsu sangat ampuh bikin tubuh fit dan membentuk tubuh ideal. “Selain itu bisa  meningkatkan stamina, melatih mental fakos, membakar lemak, mengencangkan otot, mengurangi stress dan energi negatif serta melatih fleksibilitas tubuh. Banyak sekali kan manfaatnya. Jadi ayo buruan belajar Brazilian JiuJitsu.(sep)

No Responses

Tinggalkan Balasan