Matador Tekuk Italy 3-0

 

 

 

 

 

RADAR PALEMBANG  Spanyol memetik kemenangan meyakinkan atas Italia dengan skor 3-0 di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018. Isco tampil cemerlang dan mencetak dua gol untuk Spanyol.
Dalam pertandingan di Santiago Bernabeu, Minggu (3/9/2017) dini hari WIB, Spanyol sudah unggul 2-0 di babak pertama. Dua gol Spanyol diborong oleh Isco. Di paruh kedua, Italia masih kesulitan meladeni permainan Spanyol. Sementara itu, Spanyol justru mampu menambah keunggulan lewat sepakan Alvaro Morata.
Dengan kemenangan ini, Spanyol makin mantap di puncak klasemen Grup G dengan 19 poin dari tujuh pertandingan. Sementara bagi Italia, ini adalah kekalahan pertama mereka di kualifikasi dan tak beranjak dari peringkat kedua dengan 16 poin.
Spanyol langsung menekan dan memegang kendali permainan. Serangan yang dilancarkan Spanyol membuat pemain Italia melakukan beberapa kali pelanggaran. Salah satu pelanggaran di depan kotak penalti Italia berbuah tendangan bebas untuk Spanyol. Sergio Ramos maju sebagai eksekutor, tapi tendangannya melambung di atas mistar gawang.
Spanyol kembali mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Italia menyusul pelanggaran Leonardo Bonucci kepada Marco Asensio. Kali ini Isco yang menendang sukses menaklukkan Gianluigi Buffon untuk membawa Spanyol unggul 1-0 di menit ke-13.
Italia bukan tanpa peluang. Andrea Belotti sempat mengancam gawang Spanyol lewat sundulan usai meneruskan umpan Matteo Darmian. Tapi David De Gea menunjukkan refleks bagus untuk menepis bola.
Lima menit jelang turun minum, Spanyol menggandakan keunggulan. Isco kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Spanyol memimpin 2-0 lewat sebuah tendangan dari luar kotak penalti.
Di awal babak kedua, De Gea menepis tendangan yang dilakukan Lorenzo Insigne dari luar kotak penalti. Bola muntah yang masih berada di area pertahanan Spanyol coba dimanfaatkan oleh Darmian, tapi membentur Pique dan dengan mudah diamankan De Gea.
Tempo permainan sedikit menurun. Meski demikian, Italia masih kesulitan untuk membongkar pertahanan Spanyol. Nyaris tak ada peluang bersih yang mampu diciptakan oleh tim tamu.
Spanyol justru mampu menambah gol di menit ke-77. Lewat sebuah serangan balik, Sergio Ramos yang berlari dari sisi kanan kemudian mengirim bola ke tiang jauh. Alvaro Morata menuntaskan umpan Ramos dengan sempurna untuk mengubah skor menjadi 3-0.
Morata sempat membobol gawang Buffon untuk kedua kalinya lewat sebuah tandukan di menit ke-89. Tapi gol dianulir karena Morata sudah lebih dulu terperangkap offside. Skor 3-0 untuk Spanyol bertahan sampai wasit meniup peluit panjang.
David Villa sangat gembira usai kembali bermain untuk timnas Spanyol dalam kemenangan atas Italia 3-0. Saking senangnya, Villa sampai sulit berkata-kata. Penyerang berusia 35 tahun itu masuk menggantikan Isco di menit-menit akhir dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Santiago Bernabeu, Minggu (3/9/2017) dinihari WIB. Bagi Villa, penampilan itu adalah yang pertama untuknya dalam seragam La Furia Roja sejak melawan Australia di Piala Dunia tiga tahun lalu.
“Aku selalu bilang bahwa sulit bagiku untuk kembali (membela tim nasional), tapi aku tidak menyerah mengejar mimpiku. Berada di sini membuatku sangat gembira,” Villa mengatakan usai pertandingan di ESPNFC. “Untuk semua yang sudah percaya kepadaku, terima kasih. Rasanya sangat sulit digambarkan, aku sangat gembira. Terima kasih kepada semuanya. AKu tidak tahu apakah aku layak mendapatkan kasih sayang sebesar ini.”
Dengan penampilan itu, Villa telah mengantongi 98 caps untuk negaranya. Villa masih punya peluang untuk masuk jajaran pemain dengan torehan 100 caps. “Anda harus maju selangkah demi selangkah. Sekarang waktunya beristirahat, mencoba bermain untuk laga ke-99 dan kemudian, kita lihat saja,” striker New York City FC itu menambahkan. Sejak menjalani debut pada 2005, Villa telah mencetak 59 gol yang menjadikannya sebagai topskorer sepanjang sejarah Spanyol. (rin/raw)

No Responses

Tinggalkan Balasan