KPU Palembang Prediksi Ada Calon Independent

 

 

RADAR PALEMBANG, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang memprediksi tidak hanya calon dari gabungan partai politik yang akan menjadi peserta pada Pilkada Palembang Juni 2018 mendatang, namun akan ada calon dari perseorangan atau independen

Komisioner KPU Palembang, Abdul Karim Nasution mengatakan, bahwa pihaknya memprediksi akan ada calon dari jalur independen. Hal ini terlihat dari aktifnya tim pasangan calon yang terus melakukan komunikasi dengan KPU. Hal ini dikarenakan  pendaftaran di jalur independen semakin dekat. “Sebagai pelayan kami akan melayani seluruh calon. Baik itu jalur gabungan parpol maupun dari perseorangan,”kata Karim, kepada Radar Palembang, kemarin (13/9).

Namun Abdul Karim tidak dapat mempublikasikan pasangan mana yang akan maju jalur independent, tentu apakah serius akan maju tidak pihaknya hanya menunggu pada saat pendaftaran nati.     Jika ada calon walikota dan wakil walikota maju melalui jalur independen atau perseorangan maka harus memiliki dukungan KTP-el 7431 atau 6,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap DPT (daftar pemilih tetap). “Ya, sesuai dengan PKPU, calon independen harus mengumpulkan dukungan dari masyarakat 6,5 persen, jika kurang dari itu maka dapat dibatalkan,”kata dia.

Berdasarkan DPT pilpres tahun 2014 lalu, jumlah DPT Palembang mencapai 1.144.014 , sehingga angka tersebut dsambil 6,5 persen  jika calon memenuhi syarat-syarat maka dapat ikuti menjadi peserta pilkada Palembang yang akan berlangsung tahun depan.

Ditamabhakn dia, bahwa dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pihaknya melakukan penyuluhan dengan elemen masyarakat dengan tatap muka secara langsung,dan menyebarkan atirbut kampanye kepada publik. Sehingga dengan itu maka partisipasi pemilih dapat meningkat.”kami targetkan partisipasi pemilih diatas 77 persen, karena saat kami terus melakukan sosialisasi kepada pemilih,”tukasnya. (zar)

 

J

No Responses

Tinggalkan Balasan