Jadikan Tantangan Sebagai Motivasi

 

RADAR PALEMBANG, RP – Merintis karir dari bawah membuat Neng Muhaiba paham benar bagaimana bekerja keras untuk mencapai kesuksesan. Wanita yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki prinsip kerja keras, bertanggung jawaban dan bekerja sesuai aturan.

Kepada Radar Palembang, Istri dari H. Rizal Effendi mengatakan selama karir menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), sepenuhnya didedikasikan di Bapenda Sumsel. Meskipun, memang dalam tugas harus ditempatkan di sejumlah daerah di Sumsel. “Karir Saya dari seorang staf biasa, kemudian eselon IV, lalu naik ke eselon III, dan hingga sekarang dipercaya jadi Plt Kepala Bapenda,” katanya.

Berbekal pengalaman tersebut, Neng (sapaan akrab Neng Muhaiba) kini mantap memimpin Bapenda untuk memberikan kinerja yang maksimal guna meningkatkan pendapatan daerah. Tidak hanya itu, dirinya juga selalu mengayomi bawahan dan selalu memecahkan masalah pekerjaan secara bersama-sama. “Saya tegas kalau masalah pekerjaan. Saya adalah pimpinan mereka, tapi diluar pekerjaan mereka sahabat saya, kalau ada hal-hal yang harus di putuskan oleh Bapenda, maka saya ajak mereka untuk memberikan pendapat,” kata wanita kelahiran Nanjungan, 12 November 1965 ini.

Dalam setiap pekerjaan, tentunya selalu memiliki tantangan, namun hal tersebut bukan lah sebuah alasan bagi Neng untuk berhenti. Sebab baginya tantangan dijadikan sebuah motivasi untuk dapat mengatasi tantangan tersebut. Hal positif ini pula yang turut ditularkan kepada seluruh pegawai di Bapenda.

Memiliki motto hidup ‘kalau mau sukses, jadikan agama sebagai  pedoman hidup’, Ibu dari tiga anak ini mengaku tak lupa selalu bersyukur dan berserah diri kepada Allah. Maka dari itu, setiap tugas maupun jabatan yang dipercayakan padanya dianggap sebagai sebuah amanah yang tentunya harus dapat dipertanggungjawabkan.

Wanita berhijab ini juga memiliki target agar setiap program kerja yang dibagun dapat berdampak positif, khususnya yang berkenaan dengan pendapatan daerah Sumatera Selatan. Salah satunya melalui perbaikan system aplikasi Samsat dan tetap mengoptimalkan pendapat.

Di lain sisi, meski demkian Neng tak lantas meninggalkan kodratnya sebagai seorang itri dan ibu bagi putra-putrinya. Oleh karena itu, dirinya tetap bias membagi konsentrasi serta waktu baik untuk pekerjaan maupun kepada keluarga. “Biasanya, waktu saat akhir pekan saya full untuk mempersiapkan rumah tangga. Selain itu, setiap pagi sebelum berangkat kekantor selalu menyempatkan diri mengurus anak dan suami,” katanya.

Kemudian, menyempatkan diri untuk meluangkan waktu kumpul bersama keluarga tidak hanya dirumah, tapi bias juga nonton atau sekedar makan bersama di luar.(tma)

Biodata

Nama : Dra Hj Neng Muhaiba MM
Ttl : Nanjungan, 12 November 1965
Pekerjaan : Plt Bapenda Provinsi Sumsel
Suami : H. Rizal Effendi, SH, MM
Anak : 1.Ayu Eka Putri , SE, MBA (BPK RI)
2. Anggraini Dwi Putri, SE (Garuda Indonisia)
3. Muhammad Rafi Putra (SMA)

Motto : Kalau mau sukses jadikan agama sebagai pedoman hidup

 

No Responses

Tinggalkan Balasan