Harga Sembako Terpantau Stabil

0
118
LANCAR: Pedagang sembako di kawasan Pasar Dempo Permai, rata-rata harga jual sembako masih tergolong normal dan pasokanmya pun tetap lancar.

RADAR PALEMBANGHarga sejumlah kebutuhan pokok di beberapa pusat belanja Kota Pagaralam seperti Pasar Dempo Permai, Pasat Terminal Nendagung, dan Pasar Induk Terminal masih terpantau normal dan stabil.

Meskipun ada beberapa kenaikan harga jual, namun tidak terlalu signifikan, karena hanya naik hanya hitungan ratusan rupiah, seperti halnya minyak goreng kemasan sederhana yang sebelumnya seharga Rp 12.000 per liter kini menjadi Rp 12.500, sedangkan minyak goreng kemasan premium sebelumnya Rp 13.000 kini Rp 13.500 per liter, sementara minyak goreng curah stabil di harga Rp 12.000 per liter.

Dikatakan Wandi (37), salah seorang pedagang sembako di kawasan Pasar Dempo Permai, rata-rata harga jual sembako masih tergolong normal dan pasokanmya pun tetap lancar. Hanya saja, kata dia, untuk harga beras meskipun ada yang jual di bawah Rp 9.500 hingga Rp 10.000 per kg, pihaknya masih tetap menjual Rp 11.000. “Karena kita beli untuk dijual lagi, sedangkan beras yang kita jual juga sudah dilakukan proses tampi (dibersihkan),” jelasnya.
Di beberapa tempat penggilingan padi pun, harga beras memamg tidak mengalami kenaikan meskipun saat ini musim penghujan yang sedikit menghambat proses penjemuran padi oleh petani. “Untuk beras harga paling tinggi yakni Rp 10.000 untuk semua jenis beras,” ucap Pandri, salah satu pemilik penggilingan padi di Pagaralam.

Sementara itu, Kadisperindagkop dan PP Kota Pagaralam Dawam melalui Kabid Perdagangan Suprianto mengatakan, berdasarkan monitoring pengawasan barang dan jasa, yang dilakukan sejumlah kebutuhan pokok di Pagaralam masih aman baik itu harga maupun ketersediaanya.

Suprianto mengatakan, kenaikan harga minyak goreng memang sudah berlangsung lama, namun itu tidak signifikan karena tidak semua juga masyarakat Pagaralam menggunakan minyak goreng kemasan dan lebih memilih minyak goreng curah. “Harga beras pun bervariasi tergantung jenis dan kualitas yang ditawarkan pedagang, kalaupun beras kemasan biasanya tergantung merk,” ucapnya.

Untuk harga komoditi, kata Suprianto, saat ini harga cabai masih tetap pedas, seperti cabai merah Rp 35.000 per kg, cabai rawit ijo Rp 70.000, dan rawit setan Rp 80.000. Sedangkan bawang merah Rp 24.000 dan bawang putih Rp 22.000 per kg, serta telur Rp.44.000 per karpet. (edi)

 

 

LEAVE A REPLY