Hanura Usung Tiga Cagub

 

RADAR PALEMBANG – Sebagian besar partai politik (parpol) telah mengusulkan nama kandidat calon gubernur (Cagub) Sumsel untuk bertarung pada Pilkada Sumsel yang akan berlangsung tahun depan. Tak terkecuali Partai Hanura, telah mengusulkan 3 nama ke DPP yang nantinya akan diusung. Ketiga nama yang berpeluang untuk mendapatkan suara Hanura adalah Herman Deru, Dodi Reza Alex dan Ishak Mekki.

“Kami sudah melakukan rapat plenom di DPP, dan keputusannya kami sudah menetapkan tiga nama calon gubernur,”kata Wasekjen DPP Hanura, Hendri Zainuddin saat dikonfirmasi, Selasa (12/9).

Sebelumnya, DPD Hanura Sumsel telah merekomendasikan tujuh nama kepada DPP Hanura. Yakni, Ishak Mekki, Dodi Reza Alex, Giri Ramandha, Syahrial Oesman, Herman Deru, Iskandar M Sahil, dan Mawardi Yahya. “Pengerucutan menjadi tiga nama tersebut, karena DPP melihat hasil survey di beberapa lembaga survey, dimana ketiganya teratas dan saling salip,” kata Hendri.

Selain itu, ketiga kandidat tersebut mewakili keinginan masyarakat Sumsel karena memiliki pengalaman dan telah teruji kinerjanya selama ini. Misalnya Herman Deru sukses menjadi bupati OKU Timur dua periode, Dodi kini Bupati Muba dan telah teruji di senayan selama dua periode dan Ishak Mekki dua periode bupati OKI dan kini Wagub Sumsel. “Mereka teruji rekam jejaknya bagus,” sambungnya.

Selanjutnya, partai akan terus memonitoring hasil progres lembaga survey untuk menentukan cagub yang akan diusung Hanura pada Pilkada Juni tahun depan. Karena memang partai akan berpatolan dengan hasil survey dan track record calon dalam mengusung calon kepala daerah. “Mudah-mudahan dalam beberapa waktu kedepan sudah ada keputusan, yang jelas nanti sebelum pendaftaran ke KPU bulan Januari pasti sudah keluar,”kata anggota DPD RI ini.

Terpisah, Calon Gubernur Herman Deru menanggapi dingin keputusan partai Hanura yang telah mengerucutkan calon gubernur Sumsel dari tujuh menjadi tiga kandidat. Menurutnya, langkah Hanura ini telah sesuai dengan hati nurani rakyat. “Kenapa saya bilang demikian, karena landasan Hanura adalah survey yang mengacu pada keinginan rakyat Sumsel,” kata Deru.

Deru mengucapkan terimakasih kepada Hanura karena telah memasukan nama saya pada tiga besar, dan yang paling penting bahwa respon masyarakat kepada calon itu dilihat dari survei. ”Kalau surveinya tinggi itu menjadi suatu bahan bagi partai menetapkan siapa yang akan diusung, kami berharap dapat bersama-sama dengan Hanura,”tukasnya.

Wakil Ketua DPD Demokrat Sumsel, H Zainuddin berharap Hanura dapat berkoaliasi dengan Demokrat dalam mengusung dan mendukung Ishak Mekki menjadi calon gubenur, karena sosok Ishak Mekki sudah sangat layak untuk memimpin Sumsel kedepan.

”Tentu sangat berharap besar bisa bersama Hanura, karena Hanura adalah partai besar, semakin banyak yang mendukung tentu akan semakin kuat bagi kami untuk bersama-sama memangkan Ishak Mekki,”katanya.   (zar)

 

No Responses

Tinggalkan Balasan