Hadirkan Produk Lokal Eksklusif di Festival Kain Indonesia

0
277

RADAR PALEMBANG – Untuk pertama kali Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) Sumatera Selatan menyelenggarakan Festival Kain Indonesia mulai dari tanggal 16 – 25 April 2021 bertempat di Atrium Palembang Indah Mall (PIM), Jumat (16/4).

Zainal Arifin atau lebih dikenal dengan Zainal Songket, Ketua ASEPHI Sumsel mengatakan, kegiatan ini untuk mengangkat kain Indonesia yang mempunyai nilai estetik yang tinggi.

“Dengan melemahnya UKM dihantam pandemi ini maka saya memberikan semangat, karena selama ini mereka banyak diam di rumah, tidak bisa mengembangkan produk mereka, sehingga saya tarik mereka untuk bisa tampil di PIM memamerkan produk mereka,” tutur Zainal.

Festival Kain Nusantara ini menghadirkan 13 tenant produk lokal ekslusif mulai dari songket, gambo Muba, jumputan, batik, mukena, dan lainnya. Menurut desainer kondang ini, produk lokal dari Tanah Air sangat diminati dan digemari di luar negeri karena mereka menyukai produk kontemporer.

Disebutkan Zainal, produk eksklusif ini menyasar masyarakat menengah ke atas. Selama ini pihaknya selalu memburu ke bawah sehingga tidak tepat sasaran.

“Selama ini kita mengejar pangsa pasar bawah rupanya tidak masuk segmennya karena mereka takut masuk mal, jadi kini kita hadirkan produk premium yang menyasar pangsa pasar menengah ke atas. Untuk produk eksklusif di festival ini kita tawarkan mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 18 juta,” terangnya.

Terkait festival yang baru pertama dilaksanakan, Jamilah, Sekretaris ASEPHI Sumsel menambahkan, untuk Kota Palembang gaung organisasi ini kurang begitu terdengar, padahal diakui dia, di Jakarta dan kota-kota besar lainnya sudah sangat terkenal.

“ASEPHI kalau di Jakarta sudah terkenal banget untuk bagian urusan Inakraf, yang namanya pengrajin lokal pasti sudah tahu. Palembang kan sudah banyak pengrajin,  jadi kita mewakili ini tadi sehingga semua pengrajin-pengrajin tidak hanya songket saja, tapi pengrajin lain di  Palembang bisa terangkat. Kita harap ini bisa menjadi kegiatan tahunan kita,” jelasnya.

Sementara Senior Commercial & Marketing Manager PIM Ongky Prastianto, sangat antusias dan mendukung festival kain yang diadakan ASEPHI.

”Kita sangat mendukung, karena kita tau Om Zainal, desainer sekaliber internasional sering bekerjasama dengan pejabat-pejabat negara. Walau cuma belasan tenan tapi benar-benar kualitas number one,” katanya

Ia juga meyakini dengan kualitas kain yang dipamerkan, meski pada awalnya maju mundur, festival ini mampu mengundang pengunjung untuk datang dan bertransaksi. (hen)

LEAVE A REPLY