Firli Tegaskan Korupsi Kejahatan Kemanusiaan 

0
150
Ketua KPK Firli Bahuri , saat menjadi pembicara di FH Tower 8 Universitas Sriwijaya

RADAR PALEMBANG – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menegaskan korupsi merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan. Karena, akan sangat merugikan banyak sektor kehidupan. Hal ini ditegaskan, Firli Bahuri saat hadir kuliah umum di dengan tema Meneguhkan Nilai-nilai Integritas di Kalangan Mahasiswa di FH Tower 8 Universitas Sriwijaya, Kamis (15/4) siang.

“Korupsi merampas hak-hak kita semua, korupsi merugikan jaminan sosial, jaminan kesehatan dan lainnya,”jelas dia. Korupsi tersebut, kata Firli merupakan kejahatan melawan kemanusiaan, dimana hak-hak rakyat tidak bisa terpenuhi.

Karena itu, KPK memberikan pengetahuan mengenai bahayanya korupsi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Harapannya, kata Firli, orang menjadi sadar bahaya korupsi sehingga orang tidak melakukan korupsi.

Ia menambakan, kita mengedepankan human interest walaupun faktanya masih ada terjadi korupsi. Oleh karenanya, dirinya mengapresiasi Universitas Sriwijaya yang berencana membuka mata kuliah pendidikan anti korupsi.

Tujuannya, menurut dia, agar terbentuk agen-agen integritas melalui rencana pusat pengembangan antikorupsi dan pusat kajian anti korupsi, harapannya mencerdasakan kehidupan masyarakat.

Rektor Universitas Sriwijaya, Prof Dr Ir H Anis Saggaf, MSCE mengatakan pendidikan anti korupsi ini harus dibekali kepada mahasiswa. “Apalagi rencana KPK serupa juga untuk di siswa SMA dan SMP,”jelas dia.

“Tinggal menunggu teknisnya, apakah akan dimasukan mata kuliah yang sudah ada atau lainnya. Kita juga ada mata kuliah khusus pertama Pancasila dan kedua Kewarganegaraan, apakah dimasukan kesana atau buat baru,”ujar dia. (dav)

 

LEAVE A REPLY