5 Tips Hemat Belanja Online Saat Ramadhan

0
156
Ilustrasi Belanja Online

RADAR PALEMBANG – Tren belanja online kini semakin diminati banyak masyarakat, terutama mereka yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Selain praktis, juga efektif dan efisien dalam waktu karena hanya dengan menggerakkan jari kita bisa mendapatkan banyak produk yang diinginkan tanpa harus berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Bulan suci Ramadhan seperti saat ini menjadi bulannya para pelaku usaha online atau perusahaan e-commerce untuk menebar kebaikan melalui banyaknya penawaran menarik dan menggiurkan salah satunya diskon gede-gedean. Tak jarang, kita sebagai pangsa pasarnya seolah terhipnotis untuk miliki semua produk yang diinginkan.

Apalagi setelah menjalankan ibadah puasa, kita akan merayakan hari Lebaran yang biasanya identik dengan ‘serba baru’. Tentunya, kamu sudah mengambil ancang-ancang dong untuk belanja kebutuhan yang diperlukan dari sekarang? Menurut Robby Christy CFP Head of Advisory Finansialku mengukapkan ada 5 cara kamu agar kamu tetap nyaman dan aman serta hemat dalam belanja online!

1. Lakukan Perbandingan Harga. Buat para shopaholic disarankan untuk mencari referensi situs yang mempunyai barang beragam dan pastinya menawarkan harga menggiurkan sesuai dengan kemampuan dompet. Keuntungan jika kamu mencari beberapa referensi situs belanja online, adalah mempermudah kamu untuk menemukan produk yang tepat. Selain itu juga bisa mendapatkan harga terbaik dengan membandingkan harga produk serupa dalam beberapa situs belanja online.

2. Perhitungkan Promo dan Diskon. Sebagai bulan yang dikenal sebagai bulan penuh berkah, banyak orang berlomba untuk menebarkan kebaikan di bulan Ramadhan ini. Termasuk salah satunya menawarkan diskon dan promosi khusus pada banyak situs online. Terkadang karena melihat coretan harga yang begitu besar atau icon persen mencapai angka 50, seperti menghipnotis kita untuk segera membeli barang tersebut. Padahal, ada beberapa aturan yang harus diketahui untuk mendapatkan potongan harga namun seringkali kita mengabaikannya. Sehingga dalam hal ini, customer diharapkan dapat teliti dalam mencari diskon yang disediakan oleh perusahaan e-Commerce, misalnya dengan memperhatikan banner website, newsletter, membuka laman kategori produk pilihan, dan lain-lain.

3. Manfaatkan Kupon Diskon. Belanja online pun bisa menggunakan voucher atau kupon diskon lho. Salah satu caranya, kamu bisa mencari kode promo untuk dapat potongan harga di situs online favoritmu.

4. Tetap Lakukan Anggaran Keuangan. Walaupun penjual sedang menebar kebaikan dengan memberikan diskon besar-besaran, namun kita sebagai pembeli juga harus bijaksana dalam mengatur keuangan. Tetap lakukan budgeting ya! Jangan sampai uang
untuk kebutuhan sehari-hari justru terpakai karna kamu gelap mata dengan diskon besar.

5. Tetap Teliti Sebelum Membeli. Hal yang paling penting ketika berbelanja online adalah tetap berhati-hati dalam segala hal, sehingga prinsip ‘jangan asal beli’ memang harus diingat dan diterapkan.

Belanja online terkadang seperti membeli kucing dalam karung. Kita tidak bisa mengetahui wujud barangnya secara langsung, seringkali nampak indah difoto namun jauh berbeda dengan kenyataannya. (rel)

LEAVE A REPLY