Yayasan Ashoka Raja Mahawirya Rayakan HUT Dewa Ciu Huang Da Di

0
410
Pembina Yayasan Ashoka Raja Mahawirya Steven sedang melakukan ritual turun dewa diperayaan HUT Ciu Huang Da Di

RADAR PALEMBANG – Yayasan Ashoka Raja Mahawirya yang terletak di Jalan Residen A Rozak Blok E No 3 Palembang menggelar perayaan HUT dewa Ciu Huang Da Di atau Nine Emperor Gods Senin (7/10).

Menurut Steven Pembina Yayasan Ashoka Raja Mahawirya Palembang didampingi Lili Ketua Yayasan dan Dahlia (sekretaris), perayaaan dimulai pada pukul 10.00 wib hingga sore. “Perayaan diawali dengan ritual Kho Lai Kun kemudian disambung dengan acara turun dewa untuk stempel persembahan Kim Cua kepada 9 orang,”ujarnya.

Steven mengatakan , setelah melakukan ritual umat dijamu dengan makanan vegetarian. “Pengurus sendiri sudah melakukan makan vegetarian sejak delapan hari yang lalu. Hari ini (kemarin,red) merupakan puncaknya dengan mengundang umat makan vegetarian bersama,”katanya.

Steven menjelaskan, kalau dewa utama di Yayasan Ashoka Raja Mahawirya adalah dewa Kera Sakti atau dewa Qitian Dasheng/Ci Thien da Shen. Dewa ini merupakan dewa untuk pelindung anak terutama anak berumur 3 hingga 7 tahun. “Perayaan dewa ini dirayakan setiap tanggal 16 bulan 8 penanggalan lunar,” ungkapnya.

Selain dewa utama yang selalu dirayakan dewa lain yang juga kerap dirayakan Ciu Huang da di Dewa yang sedang dirayakan. “Dewa ini dirayakan pada tanggal 9 bulan 9 penanggalan lunar,” terangnya.

Kemudian ada juga dewa Tong Fang Ciang Cin/Thian Touw Gwan Swee. Dewa ini dulunya dikenal sebagai dewa musk dan juga panglima perang kenamaaan dinasti Tang. “Dewa ini dirayakan pada tanggal 11 bulan 6 penanggalan lunar,” katanya.

Steven menjelaskan, kalau kelenteng ini selain sebagai tempat ibadah juga tempat pengobatan gratis kepada masyarakat umum, memaparkan dan mengajarkan ajaran Toisme, Buddhisme dfan Konfusianisme dan kerap melakukan bakti sosial.

“Untuk pengobatan dilakukan secara rutin setiap 3 kali dalam seminggu yakni setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Selain itu juga diadakan pengobatan di hari Ce It dan Cap Go (tanggal 1 dan 15 penanggalan lunar),” jelas.(sep)

LEAVE A REPLY