XL Salurkan Ribuan Paket Internet Gratis 

0
95
Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi secara simbolis menyerahkan paket internet gratis untuk ribuan pelajar yang diterima oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, S.H., M.M didampingi Kepala Dinas Kominfo Sumsel H. Ahmad Rizwan, S. STP., MM, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Riza Pahlevi,

RADAR PALEMBANG – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus menyalurkan paket internet gratis untuk ribuan pelajar di berbagai daerah guna mendukung program pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Bertempat di Graha Bina Praja, Kantor Gubernur Sumsel, dilaksanakan Launching Pendistribusian Kuota Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) antara Pemprov Sumatera Selatan dengan PT XL Axiata Tbk, Senin (12/10).

Bekerjasama dengan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) Peduli Pendidikan, XL Axiata menyalurkan paket  internet gratis untuk pelajar setingkat SMP dan SMA di Sumatera Selatan sebanyak 300 ribu paket dan untuk pelajar madrasah di Jambi sebanyak 50 ribu paket.

Di Sumatera Selatan, secara simbolis penyerahan dilakukan di Gedung Graha Bina Praja Kantor Gubernur Sumatera Selatan, Senin (12/10). Hadir dalam acara ini Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, S.H., M.M, Kepala Dinas Kominfo Sumsel H. Ahmad Rizwan, S. STP., MM, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Riza Pahlevi, dan Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan, sesuai dengan komitment awal, kami akan terus mendukung pemerintah dalam melaksanaan pembelajaran jarak jauh, dengan menyalurkan sarana akses internet dan kuota data gratis kepada para pelajar baik yang bersekolah di sekolah umum maupun madrasah.

“Kami berharap bantuan ini bisa kami salurkan secara merata di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya. Selain menyalurkan paket internet ini, XL Axiata juga memastikan kualitas layanan data dan internet tetap maksimal demi kelancaran PJJ,”kata dia.

Desy menambahkan, setiap paket internet yang diberikan kepada pelajar berisi kartu SIM XL Axiata dengan kuota data sebesar 85 GB dengan masa berlaku selama dua bulan.

Adapun mekanisme penyaluran paket kuota data gratis ini hingga ke tangan siswa dan para guru akan dilakukan berdasarkan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kementrian Agama Provinsi setempat dan sekolah/madrasah penerima.

“Penyaluran donasi ini akan dilakukan dengan memprioritaskan pelajar kurang mampu yang membutuhkan akses internet untuk kegiatan belajar online,”jelas dia.  Desy Sari Dewi berharap bantuan paket internet gratis dari XL Axiata ini bisa segera disalurkan hingga ke tangan para pelajar. Dengan demikian, bantuan paker internet ini bisa segera bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Dia juga menginstruksikan kepada tim XL Axiata untuk memantau efektivitas pemanfaatan bantuan tersebut. Selain itu, tim XL Axiata juga akan membantu jika ada kendala teknis yang dihadapi para siswa atau pihak sekolah. “Saya juga menghimbau kepada pelajar atau orang tuanya untuk segera mengaktifkan paket bantuan tersebut. Tidak perlu ragu, kami menjamin kartu SIM dan kuota di dalamnya benar-benar gratis,”kata dia.

“Apalagi jika siswa belum mendaftarkan nomornya di Dapodik, padahal bantuan kota data dari pemerintah akan diberikan melalui nomor didaftarkan di Dapodik. Kami mohon bantuan kepada bapak/ibu guru di sekolah untuk berkenan mengingatkan para siswa mengenai hal ini,”lanjut Desy.

Dengan paket internet gratis dari XL Axiata, para pelajar akan bisa secara gratis menggunakan aplikasi-aplikasi yang juga biasa dipakai guru mengirimkan materi atau bahan pelajaran, serta mengirimkan tugas, seperti Whatsapp, Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom. Selain itu juga juga bisa untuk akses Udemy, Ruang Guru, Zenius, Sekolahmu, serta akses ke Rumah Belajar Kemendikbud di website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/.

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru berterima kasih atas bantuan XL Axiata untuk dunia pendidikan di Bumi Sriwjaya. “Kita berterima kasih atas bantuan XL Axiata untuk pelajar di Sumsel,”kata Deru. Seperti diketahui, selama pandemi Corona Virus Disease atau Covid19, para pelajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan daring. Hal ini, menimbulkan masalah baru bagi pelajar.

Seperti, kata Deru, ada 31,36 persen permasalahan sinyal, 48,8 persen permasalahan berat membeli kuota dan 21,54 persen permasalahannya ada di gadget itu sendiri.  Angka tersebut, diakuinya, merupakan hasil kuisioner secara online dan XL Axiata menjawab hal ini. “Pertama, kuota yang diberikan gratis ke siswa, jadi beban pajak dengan harga normal ditanggung oleh XL.”

Ia menambahkan, bukan main, XL kalau ada (bantuan kuota siswa,read), kasih lagi, dari data yang dikasih 300 ribu kuota gratis, bisa disebut cukup.  Namun, dirinya mengingatkan kalau pandemi Covid19 ini tidak kunjung usai, maka bantuan tersebut masih diperlukan siswa dan siswi di Sumatera Selatan. “Kalau pandemi tidak selesai (reda,read) maka tidak cukup (bantuan kuota gratis,read) ini.”

Permasalah pelik lainnnya, Deru mengaku, soal gadget yang digunakan untuk belajar daring, dirumah itu ada gadget digunakan bersama-sama, ya untuk komunikasi juga untuk belajar daring pelajarnya. Untuk itu, Deru mengapresiasi langkah XL yang akan membagikan gadget layak pakai, bukan yang bekas untuk aktivitas kelancaran belajar mengajar daring siswa dan siswi.

Masalah lainnya, yakni sinyal, dimana dibeberapa tempat susah mendapatkan sinyal provider. “Nanti hari Sumpah Pemuda, kita akan me-launching Sumsel bebas blank spot,”ungkap H Herman Deru. (dav)

 

LEAVE A REPLY