XL Axiata Siap Hadapi Kenaikan Trafik Data

0
342

 

RADAR PALEMBANG,  PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan untuk menghadapi libur panjang akhir tahun di wilayah Sumatera dan kepulauan sekitarnya. Seperti beberapa tahun terakhir, pelanggan akan lebih banyak memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berbagi pengalaman dalam merayakan Natal dan Tahun Baru, serta berlibur ke berbagai lokasi wisata. Karena itu, diprediksi trafik data akan meningkat sepanjang pekan terakhir tahun 2018 hingga awal pekan Januari 2019.

Group Head XL Axiata Region West, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, ”Melihat pola penggunaan layanan data oleh pelanggan sehari-hari dan setiap kali ada hari libur, kami memperkirakan layanan data akan meningkat di masa libur panjang akhir tahun ini. Dalam mengisi libur panjang, mereka akan pergi berlibur, jalan-jalan, makan-makan, melihat hal-hal yang bagus, memiliki kenalan baru, dan sebagainya. Semua itu akan mendorong intensitas penggunaan layanan data. Karena itu, kami selalu menyiapkan secara khusus jaringan di setiap kali libur akhir tahun agar kebutuhan pelanggan atas layanan yang berkualitas bisa terpenuhi.”

Menurut Francky, banyak moment menarik di sepanjang liburan panjang yang akan mendorong pelanggan untuk mengabadikan dan membagi pengalamannya di media sosial dan di layanan lainnya. Peningkatan penggunaan yang signifikan biasanya ada pada penggunaan layanan akses streaming video dan musik, serta games online. Pada periode yang sama tahun lalu, peningkatan trafik data akan terjadi secara merata di seluruh area di Sumatera, termasuk Batam, Belitung, Bangka, serta Belitung.

Dalam mengantisipasi lonjakan trafik data pada saat Natal dan Tahun Baru 2019, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringannya di seluruh wilayah layanan, termasuk di wilayah Sumatera dan kepulauan sekitarnya. Secara keseluruhan peningkatan kapasitas jaringan dilakukan di sekitar 1.500 an site yang meng-cover spot dan rute mobilitas liburan natal dan tahun baru.Penguatan sinyal juga telah dilakukan di area-area yang biasanya menjadi tujuan masyarakat, seperti antara lain lokasi wisata, pusat perbelanjaan, bandara, pelabuhan, serta jalan-jalan utama yang menghubungkan kota-kota di Sumatera.

XL Axiata juga telah menempatkan Mobile BTS di sejumlah area termasuk di Sumatra di antaranya di sekitar Pelabuhan Simanindo Samosir, Gundaling Berastagi, dan Pantai Cermin Medan untuk penguatan sinyal dan coverage. Sementara itu, dari pusat monitoring jaringan di kantor pusat XL Axiata Jakarta, juga dipantai selama 24 jam sehari, mengenai kondisi jaringan dan trafik di Sumatera. Jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan trafik di suatu lokasi, maka sudah disiapkan antisipasi pengalihan jaringan ke jalur yang tidak padat. Dengan demikian maka kenyamanan pelanggan akan bisa dijaga.

Berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, kenaikan trafik tertinggi di Sumatera ada di kota Bandar Lampung dan Banda Aceh. Masyarakat di daerah Sumatera Utara khususnya Medan, Pematang Siantar, Simalungun dan Toba Samosir banyak yang merayakan Natal dan juga pulang kampung saat tahun baru. Antisipasi sudah disiapkan di area-area tersebut, termasuk juga tim lapangan yang bersiaga 24 jam sepanjang masa liburan.

Di wilayah Sumatera dan Kepulauan sekitarnya, jaringan XL Axiata telah melayani lebih dari 8,5 juta dengan didukung infrastrutur BTS sebanyak lebih dari 21.000 BTS, termasuk lebih dari 14.500 BTS data (3G dan 4G). Khusus untuk layanan 4G, jaringan XL Axiata 4G LTE juga telah melayani masyarakat di lebih dari 138 kota/kabupaten.

XL Axiata juga telah menyiapkan diri dari sisi layanan pelanggan. Tim call center XL Axiata bersiap selama 24 jam sehari dan 7 hari sepekan. Pengaturan waktu kerja petugas layanan pelanggan ini juga dimaksimalkan, antara lain dibentuk tim back-up yang sewaktu-waktu harus bertugas akan bisa langsung ikut membantu melayani pelanggan. Koordinasi yang solid antara tim layanan pelanggan dengan tim yang menangani jaringan serta teknologi informasi juga disiapkan untuk bersama membantu pelanggan yang membutuhkan bantuan teknis. (iam)

LEAVE A REPLY