Wisata Edukasi di Pondok Marogan

0
401

RADAR PALEMBANG – Pondok Marogan kini bisa jadi pilihan bagi warga kota Palembang yang ingin menghabiskan weakendnya. Pondok Marogan yang ada di lingkungan Pondok Pesantren Kiai Marogan ini terletak di jalan Padat Karya-Talang Jambe Kecamatan Sukarame ini menawarkan wisata alam sekaligus juga wisata edukasi.

Ponpes  Kiai Marogan  berdiri diatas lahan seluas 1,5 hektar. Pengelola menyulap area tersebut menjadi tempat wisata yang diberi nama Pondok Marogan lantaran terdampak wabah Covid-19 dan berharap bisa menjadi pemasukan tambahan bagi pesantren yang memiliki santri sekitar 120 orang, mayoritas anak yatim dhuafa.

“Santrinya mayoritas yatim dhuafa, karena wabah corona ini, pesantren juga terdampak kan. Selama ini ada orang tua asuh, makanya kita ijtihad karena kita lihat lahan disini ada peluang, orang bilang nyaman disini dan akhirnya kita sepakati membuat tempat wisata,” ungkap Mgs A. Fauzan atau biasa disapa Ustad Yayan, pembina Pondok Pesantren Kiai Marogan, kemarin.

Penamaan Marogan sendiri merupakan akronim dari “Mancing, Resto dan Dogan”.
Menurut ustad Yayan, kelapa muda atau dikenal dengan sebutan dogan merupakan ciri khas dari ulama besar di Palembang, Kiai Merogan yang kisahnya sudah melekat bagi warga Palembang sendiri.

Aliran sungai Talang Betutu yang mengelilingi pesantren ini seolah menjadikannya seperti sebuah pulau. Ini juga yang menambah daya esotisnya. Kendati lanskap pondok kiai merogan tampak masih sederhana, akan tetapi sejumlah arena bermain dan belajar di dalamnya patut dicoba, diantaranya panahan, menyusuri sungai talang betutu dengan perahu, memancing, flying fox, dan tentunya wisata religi melihat kegiatan para santri.

Beberapa sudut bangunan atau fasilitas yang bernuansa kayu juga apik untuk dijadikan background foto bersama atau sekedar swafoto

ustadb Yayan mengaku sejak diresmikan hingga kini jumlah pengunjung terus bertambah. “Alhamdulillah setelah diresmikan warga yang berkunjung cukup ramai,” jelasnya.(sep)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY