Waspadai  Titik Api di Perbatasan

0
625

 

RADAR PALEMBANG Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kota Palembang, mengklaim belum mendapati titik api kebakaran hutan di wilayah Kota Palembang.

Meski demikian, BPBD-PK Kota Palembang, selalu melakukan koordinasi dengan pihak BPBD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan pihak Kabupaten/Kota yang berbatasan dengan Kota Palembang, dalam menantisipasi, kebakaran yang terjadi di perbatasan Kota Palembang.

Kepala BPBD-PK Kota Palembang Edison mengungkapkan, meski belum ada kebakaran hutan yang terjadi di Kota Palembang, pihaknya tetap membentuk tim, penanggulangan asap akibat kebakaran hutan di wilayah Kota Palembang.

“Meski belum ada bencana kebakaran hutan, kami tetap melakukan antisipasi, salah satunya membentuk tim penanggulangan, untuk membantu pihak BPBD Sumsel, dalam mengatasi kebakaran hutan, di wilayah-wilayah perbatasan,”ungkap Edison kemarin, (30/7).

Sesuai arahan BPBD Sumsel, pihaknya tetap melakukan pengawasan, dengan sasaran utama di lokasi titik rawan kebakaran, yang dilakukan bersama aparat berwajib melakukan penegakan hukum bagi oknum tertentu yang melakukan pembakaran hutan termasuk dengan membuka lahan.

“Bersama aparat berwajib, kita mendirikan posko antisipasi kebakaran hutan, dibeberapa titik rawan kebakaran hutan,”ulasnya.

Saat ini, ungkap ungkap Edison, sarana dan prasaran termasuk menyiapkan regu atau personel dari berbagai elemen yang sudah siap diterjunkan di posko di titik-titik rawan.

Sama seperti tahu lalu, posko yang kita sediakan akan kita tempatkan di dikawasan Jakabaring, karena berbatasan dengan Kabupaten Ogan Ilir yang rawan kebakaran lahan.

“Meski Palembang untuk kebakaran hutannya sangat kecil. Namun, kita tetap mengantisipasi asap yang masuk. Keberadaan posko ini dilakukan, untuk mengantisipasi daerah rawan kebakaran hutan, agar tim dapat bergerak cepat mengantisipasi kebakaran meluas masuk ke Palembang,”tandasnya. (zar)

LEAVE A REPLY