Wako DL, PNS Berkeliaran di Jam Kerja

0
468

 

RADAR PALEMBANG  – Sepertinya kedisplinan pegawai negeri sipil (PNS) dilingkungan Pemkot Pagaralam harus mendapat perhatian serius. Betapa tidak, pantauan di lapangan, masih banyak temuan aparatur pemerintah yang masih saja membandel, berkeliaran di luar kantor. Parahnya, bukannya kerja malah kepergok tengah asik santai makan siang pada saat jam ngantor.

Pantauan kemarin, kemarin sekitar pukul 10.30 WIB, dijumpai sejumlah oknum PNS berkeliaran di tempat umum, seperti pasar, rumah makan. Dari jepretan kamera awak media, mereka sepertinya merupakan para staf mengenakan seragam Korpri, terlihat asik makan di kawasan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan.

Pada saat itu, perlu diketahui, Walikota Pagaralam sejak beberapa hari terakhir tak ngantor, alias dinas luar. Begitupun dengan pejabat eselon II dan III, banyak yang melakukan uji kompetensi di Palembang. Bukan berarti tidak adanya atasan seperti Kabid di tempat, bebas berkeliaran seperti dijadikan kesempatan untuk ‘bolos’ ngantor.

Seharusnya PNS di Pagaralam ini lebih menaati peraturan yang ada, terutama saat jam kerja. Dan juga Pemkot melalui kepala dinasnya masing-masing harus bisa lebih menyikapi oknum PNS yang melanggar aturan ini.

Menyikapi hal tersebut, sebelumnya dikatakan Kepala Badan Sat Pol PP dan Linmas Kota Pagaralam, Drs Bhakti N MSi, untuk saat ini sudah dilakukan imbauan kepada PNS agar tidak berkeliaran di pasar.

Hanya saja, untuk melakukan aksi tindakan seperti penertiban kepada aparatur Negara ini pihaknya masih menunggu Satker terkait, yakni Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Inspektorat. “Karena yang punya kewenangan adalah BKD, jadi kita (Sat Pol PP, red) akan berkoordinasi dengan Satker terkait untuk melakukan penertiban di lapangan,” ungkap dia.

Terpisah, Kepala BKD Kota Pagaralam, Imam Pasli SSTP MSi mengatakan, terkait maraknya PNS berkeliaran di luar jam dinas, diminta kepada Sat Pol PP untuk segera mengambil langkah dengan mengaktifkan kembali razia rutin di sejumlah lokasi yang ditengarai banyak ditemukan PNS berkeliaran, seperti pusat-pusat perbelanjaan maupun lokasi lainnya. “jika ditemukan PNS indisipliner, pastinya akan dikenai sanksi. Dan bila masih membandel akan dijemur, sekaligus apel diberikan pengarahan,” pungkasnya. (ald)

 

 

LEAVE A REPLY