Wako Anggarkan BOS untuk Guru Honor

0
131

RADAR PALEMBANG – Kesejahteraan guru harus mendapat perhatian pemerintah, terutama guru honor. Pasalnya, tujuan utama dari organisasi PGRI adalah untuk kesejateraan guru,  apakah itu secara profesinya ataupun secara penghasilannya.

“Saat ini juga banyak organisasi guru, terutama guru honor  yang usianya sudah diatas 35 tahun yang sering berkoordinasi dengan PGRI Sumsel terkait kesejahteraan mereka. Hal ini selalu kita terima, baik itu audiensi ataupun semacamnya,” ujar Sekretaris Umum Provinsi PGRI Sumsel, Lukman Haris saat menghadiri Konferensi Kota PGRI Pagaralam ke XXII Kota Pagaralam, masa bhakti 2020-2025, kemarin.

Sementara Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni mengatakan, Pemkot Pagaralam melalui Dinas Pendidikan sudah berusaha untuk mensejahterakan guru honor, dan pada tahun 2021 mendatang Pemkot Pagaralam akan menganggarkan Biaya Operasinal Sekolah (BOS) untuk guru honor melalui APBD Kota Pagaralam. “Dalam waktu dekat, proses Peraturan Walikota (Perwako) nya juga akan segera selesai,” ujar Kak Pian.

Ditambahkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagaralam, H Cholmin Heryadi membenarkan hal tersebut. Anggaran itu nantinya diutamakan dulu untuk guru honor sekolah-sekolah yang memang membutuhkan guru. “Saat ini masih kita lakukan pendataan, dan nanti tinggal merubah Perwakonya saja,” jelas Cholmin.

Soal pendataan kata Cholmin yang jelas untuk guru honor yang ada saat ini dulu. Jika  memang memang harus seleksi, maka akan dilakukan seleksi. “Kita rencanakan besarannya adalah Rp 500 ribu untuk masing-masing guru honor,” pungkasnya. (edi)

 

LEAVE A REPLY