Vihara Dharmakirti Palembang  Gelar Ritual Po Un

0
163

 

 

 

RADAR PALEMBANG, Vihara Dharmakirti Palembang  yang terletak di jalan Inspektur Marzuki Palembang menggelar ritual Po Un, Minggu (28/2/2021).

Pembina Vihara Dharmakirti Romo Drs Darwis Hidayat MM mengatakan, kalau ritual  Po Un  merupakan upacara  rutin vihara Dharmakirti setelah  Cap Go Meh 15 hari Imlek.

“Po Un sendiri mengandung arti Po adalah melindungi sedangkan Un berarti nasib atau dengan kata lain ritual tolak bala,”ujarnya.

Menurut Darwis, dalam upacara PO Un sangha akan memimpin umat untuk membacakan sutra sutra untuk memperkuat keyakinan umat terhadap Buddha, dharma dan sangha. “Melalui upacara ini umat diyakinkan dengan mempratekkan Dharma,mereka akan mendapatkan berkah kekuatan, keselamatan, kesejahteraan serta kebahagiaan,”katanya.

Darwis juga menceritakan rangkaian ritual Po Un yang digelar dimana diawali dengan kegiatan puja bakti pada pukul 07.30 Wib kemudian pada pukul 09.00 wib ritual Yao Se Pau Chan Bab 1-2, pada pukul 11.00 wib ritual sang qong dan pukul 14.00 wib pembacaan  Yao Se Pau Chan Bab 3. “Dalam melakukan ritual umat juga diwajibkan mematuhi protocol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah,”jelasnya. (sep)

LEAVE A REPLY