Vihara Dharmakirti Gelar Puja Guru

0
334
Umat datang menyalami biksu Tibet Kyabje Khen Rinpoche

 

+ Hadirkan Biksu dari Tibet Kyabje Khen Rinpoche

RADAR PALEMBANG –  Vihara Dharmakirti Palembang menggelar kegiatan puja guru dengan menghadirkan Teaching Kyabje Khen Rinpoche yang merupakan Khenpo (doctor) generasi terakhir yang lahir dan dididik di Tibet Minggu (15/1).

Pembina Vihara Dharmakirti Darwis Hidayat mengatakan kalau kegiatan ini untuk memperingati wafatnya biksuni Jinaloka (18/12/1999), Wiku Vajragiri (15/1/2012) Lhama Dharmavajra (15/1/2014). “Untuk tema yang diambil pada kegiatan puja guru ini adalah tanpa Theravada dan Mahayana tidak ada vajrayana,”ujarnya
Darwis mengatakan, kalau kegiatan Puja Guru digelar mulai pukul 10.30 wib yakni melakukan ritual sangkung setelah itu pada pukul 14.00 wib menggelar puja bahasa Ibu.
“Selanjutkan pada pukul 16.00 wib digelar 3 puja yakni puja Vajrayana, Theravada, Mahayana dan puncaknya pada pukul 19.00 wib digelar Teaching Kyabje Khen Rinpoche,”jelasnya.
Darwis juga menjelaskan sebelum menggelar puja Guru ini terlebih dahulu telah digelar kegiatan pekan meditasi pada tanggal 8-14 Januari mulai pukul 19.00 Wib – 21.00 Wib.
“Meditasi tersebut ibimbing oleh YM Nyanaviriya, Thera Sekwil Sagin Prov Sumsel, Babel dan Bengkulu,”katanya.
Menurut Darwis, YM Nyanaviriya adalah Bikkhu kelahiran Curup Bengkulu yang merupakan seorang akademisi dan praktisi meditasi. “Beliau belajar ke beberapa pusat meditasi dan guru meditasi seperti di Shwee Oo Min Centre di Myanmar, Na Uyana Aranya Senasanaya di Srilangka bersama YM Ariynanda Mahatera, tradisi Goenka di srilanka dan Yayasan Satipattana Bogor,”terangnya. (sep)

LEAVE A REPLY