Usulkan Klinik Perusahaan Berfasilitas BPJS

0
808

 

RADAR PALEMBANG – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumatera Selatan mengusulkan agar klinik perusahaan di perkebunan masuk dalam fasilitas BPJS. Hal ini, untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan peserta BPJS di perkebunan. Mengingat, jarak dari lokasi perkebunan, jangankan ke rumah sakit terdekat, minimal ke puskesmas sangat jauh. Karena itu, keterjangkauan layanan kesehatan diusulkan diberikan juga wewenang ke klinik perkebunan.

Sehingga, peserta BPJS di perkebunan, bisa dengan mudah mengakses layanan kesehatan yang bisa diklaim oleh klinik tersebut ke BPJS Kesehatan. Hal tersebut diungkapkan Ketua Apindo Sumsel, Sumarjono Saragih, Senin (30/5/2016) Usulan tersebut, dikarenakan kepersertaan BPJS  kesehatan itu wajib dan diamankan dalam  udang-undang. Dan, perusahaan, utamanya di sektor perkebunan akan ikut semuannya, dengan catatan, pelayanan diberikan BPJS kesehatan sangat jauh dari harapan terutama  di daerah terpecil.

“Keberadaan BPJS kesehatan belum menjawab kebutuhan dunia usaha. Terutama dari sisi pelayanan. Misalnya,  jarak  cukup jauh untuk mengakses layanan kesehatan tingkat pertama,”jelas usai rapat pembahasan program serta pelaksanaan BPJS Kesehatan, di kantor Apindo Sumsel. Lalu, sambung dia, dokter pun belum tentu ada sehingga perusahan  harus mengeluarkan biaya tinggi, namun karyawan tidak  mendapatkan pelayanan kesehatan dan mereka pun komplen.  “Nah, ini kami minta agar agar ada revolusi pelayanan,” ungkapia.

Sementara itu, Ketua KSPSI Sumsel, Drs Aminoto, Senin (30/5/2016) mengatakan BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan harus dilaksanakan. Namun  pelayanan pun harus ditingkatkan. “Sejauh ini pelayann diberikan masih jauh tidak maksimal,” katanya. Masih kata dia, kepersertaan BPJS Kesehatan baru 54 persen. Himbauan terus dilakukan oleh SPSI kepada perusahaan yang ada di Sumsel. “Potensi sangat besar (kepesertaan BPJS,red), kita tetap menghimvau karena ini perintah Undang-undang, baik tertulis dan lisan,”ujar dia. (dav)

 

 

LEAVE A REPLY