Ukiran Batu dari Tiongkok

0
572

 

 

+ Kelenteng Marga Tan Direnovasi

 

PALEMBANG, Kelenteng marga Tan yang kini tengah direnovasi bakal menjadi kelenteng terbagus di Palembang. Pasalnya, ukiran batu dan tiang pondasi langsung didatangkan dari negeri Tiongkok.

“Benar, ukiran batu dan tiang pondasinya langsung kita datangkan dari Tiongkok,”ungkap Ketua Kelenteng Marga Tan Arifin, kemarin.

Menurut Arifin, saat ini pembangunannya tengah memasukib untuk pemasangan ukiran batu dan tiang. “Kita merenovasi kelenteng ini dari akhir tahun 2017 diharapkan tahun 2019 selesai pembanguannya,”katanya

Arifin juga menjelaskan, setelah direnovasi ukuran kelenteng ini nantinya lebih besar dari sebelumnya. “Kita lakukan itu agar umat bisa lebih nyaman beribadah,”katanya

Arifin menceritakan. kalau kelenteng ini direnovasi karena sejak berdirinya sekitar 110 tahun lalu belum pernah direnovasi sehingga umat meminta untuk direnovasi. “Penyebab lainnya karena kelenteng ini terlalu kecil tidak sebanding dengan jumlah umat yang terus bertambah tiap tahunnya sehingga layak dilakukan,”katanya.

“Bagi umat yang ingin sembahyang di kelenteng ini masih bisa karena peralatan sembahyang termasuk patung dewa dipindahkan digedung sebelah yang ada dilingkungan kelenteng,”tambahnya.

Arifin menambahkan, kalau kalau marga Tan yang merupakan salah satu marga terbanyak dan terbesar di dunia dan penyebarannya merata di seluruh dunia termasuk di Indonesia dan Palembang. “Di Palembang jumlah marga Tan mencapai ribuan dan mereka akan berkumpul sekaligus bersilaturahmi saat perayaan Imlek dan HUT dewa di kelenteng Wie Leng Keng ini,”ujarnya.(sep)

LEAVE A REPLY