Tinjau lokasi Kunker Jokowi, Kasubdit PKMD Monev ke Dua Daerah

0
267

RADAR PALEMBANG-  Untuk memastikan rencana kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Banyuasin dan Ogan Ilir,  PKMD (Pengembangan Kapasitas Masyarakat Desa), ke Desa untuk melalukan monev ke lokasi tersebut.

Monev tersebut dimaksudkan untuk memastikan kesiapan Desa  melaksanakan program Padat Karya Tunai di lokasi desa yang akan dikunjungi Presiden.

Kasubdit PKMD, Nursaid mengatakan, adapun Lokusi Desa yang disiapkan PKT  meliputi Desa Sungai Pinang dan Desa Gelebak, Keduanya di Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin. PKT Desa Sungai Pinang berupa Jalan Cor Beton, Selokan Got dan Saluran Drainase Lingkungan Desa, sedangkan di Desa Pangkalan Gelebak berupa Jalan Cor Beton Lingkungan Desa.

Untuk pembangunan Drainase Lingkungan Desa menggunanakan anggaran Dana Desa sebesar Rp 510 juta dari jumlah  Dana Desa Rp 1,1 miliar Total volume Panjang 282 M x Luas 1.3 M x Tinggi/Kedalaman 1.5 M dengan melibatkan 50 orang Tenaga Kerja dan Upah Tenaga Kerja Rp. 151.062.450/Setara 30%.

“Dengan program PKT Desa diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat miskin, pengangguran/setengah pengangguran di Desa sehingga Dana Desa lebih dirasakan  manfaatnya bagi masyarakat,”ujarnya.

Sementara itu, Menurut Kades, Sustriyanti, Dana Desa untuk Desa yang dipimpinnya berjumlah Rp 3 miliar, dengan rincian sejak Tahun 2015 sejumlah Rp. 318 juta, Tahun 2016 meningkat  menjadi Rp. 699 jut Tahun 2017 sejumlah Rp. 699 juta , dan Tahun 2018 meningkat lagi menjadi Rp 1,1 miliar .

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Bapak  Menteri Desa atas adanya Dana Desa yang sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat desa kami”, pungkasnya. (zar)

LEAVE A REPLY