Thamrin Brothers -Yamaha Geber Program YES

0
234

RADAR PALEMBANG
Lulusan SLTA, khususnya SMK setiap tahunnya cukup banyak dan juga banyak diantara mereka tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi karena berbagai permasalahan. Hal ini menyebabkan pengangguran akan semakin bertambah, karena dunia kerja yang ada tidak sesuai dengan skill yang dimiliki atau rendahnya skill yang dimiliki lulusan.
Melihat hal tersebut, sebagai tanggung jawab sosial kepada masayarakat, PT. Thamrin Brothers & PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, menyelenggarakan suatu program training untuk generasi muda supaya mempunyai skill yang bisa diandalkan. Training ini diberi nama YES (Yamaha Engineering School) yang merupakan pendidikan bebas/gratis biaya training.
Adapun tujuan training YES tersebut adalah untuk memberi bekal teknik sepeda motor YAMAHA dan wirausaha perbengkelan sehingga lulusannya akan mampu menjadi pengusaha bengkel atau menjadi Teknisi yang ahli di bidang sepeda motor merk YAMAHA.
Secara Nasional YES memulai angkatan pertamanya pada tahun 1990 di bawah perizinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Setahun kemudian pelatihan ini diresmikan dengan nama Yamaha Motor Engineering Training Center oleh Menteri Tenaga Kerja, Bpk. Cosmas Batubara, sehingga mulai saat itu resmi menjalankan aktifitasnya di bawah perizinan Departemen Kementrian Tenaga Kerja.
Hadir dengan misi sosial, dalam perkembangannya YES berhasil meraih Presiden Award di Jepang, sebagai program terbaik CSR (Corporate Social Responsibility) tingkat dunia, pada tahun 2006. Hal ini tidak mengherankan karena YES dibina langsung oleh para instruktur Yamaha yang berkualitas, dengan kurikulum dan fasilitas pelatihan yang lengkap, dan tanpa dipungut biaya sedikit pun. Sehingga konsepnya diikuti oleh negara lain seperti : Brasil, Vietnam dan beberapa Negara Asia Lainnya.
Perkembangan minat masyarakat yang cukup tinggi dan peningkatan kebutuhan tenaga kerja yang berkualitas mendorong Yamaha membuka YES di kota-kota lain selain Jakarta. Hingga saat ini YES telah menghasilkan sekitar 4.483 lulusan, ini dibuka di 12 kota besar di seluruh Indonesia, yaitu : Palembang, Surabaya, Bandung, Semarang, Bali, Medan, Padang, Lampung, Pontianak, Banjarmasin, Makassar dan Jambi.
Dengan masa pendidikan YES 4,5 bulan dengan kurikulum : teori 1 bln, materi praktek 1,5 bln dan 2 bulan materi OJT di bengkel resmi Yamaha. Dan untuk YES Palembang dimulai dari tahun 2009 dan sudah meluluskan : 177 orang, sudah bekerja di Bengkel Resmi Yamaha : 50%, instansi pemerintah & swasta : 20%, & wirausaha/mandiri : 30%.
Dan ditahun 2018 ini YES Palembang masuk diangkatan ke IX, yang di harapkan dari ilmu yang di dapat dari pendidikan YES ini bisa berguna demi meraih cita cita dan sukses bersama amiin….
Saat ini program YES Palembang sudah bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan yang menjadikan program pelatihan ini menjadi lengkap. Dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumatera Selatan sangat mendukung dan mensupport kegiatan YES ini dan diharapkan terus berlanjut, karena antara pemerintah dan dunia usaha sudah sejalan demi meningkatkan sumber daya manusia sehingga nantinya dapat bersaing dengan kemajuan dari perkembangan teknologi.
Dari hasil Program YES di Palembang diharapkan dapat :
1. Mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia siap pakai khususnya lulusan SMK/SLTA.
2. Memudahkan supply kebutuhan Teknisi di Bengkel Resmi Yamaha khususnya untuk area Sumatera Selatan & Bengkulu.
3. Bila memungkinkan lulusan YES bisa membuka lapangan usaha sendiri khususnya Bengkel Sepeda Motor di daerah tempat asal mereka.
YES Palembang sudah mulai membuka pendaftaran mulai tgl 14 Mei – 23 Juni 2018
Tempat pengambilan formulir dan penyerahan persyaratan pendaftaran di : YAMAHA PT. THAMRIN BROTHERS A.RIVAI d/a. JL. Kapten A. Rivai No. 9 Palembang.
Tanggal Test : 28 – 29 Juni 2018 di PT. THAMRIN BROTHERS d/a. JL. KS. Tubun No. 81 A Lt. 5. Palembang.
Materi test :
1. Pengetahuan teknik otomotif
2. Psicho test
3. Test warna
4. Kesehatan
5. Interview
Salam YES untuk Indonesia yang semakin didepan….(rel)

LEAVE A REPLY