Teropong Bisnis Hotel di Palembang

0
452

RADAR PALEMBANG – Ketatnya persaingan industri perhotelan saat ini membuat banyak manajemen memberikan promo besar-besaran pada saat lebaran Idul Fitri 1440 H. Mereka berlomba-lomba memberikan harga terbaik serta service memuaskan dengan harapan tamu hotel yang menginap akan datang kembali.
George Wenur, General Manager Wyndham Opi Hotel Palembang mengaku, masih sangat optimis dalam menghadapi persaingan bisnis antar hotel. “Walau terkendala harga tiket yang mahal, okupansi pada hari kedua lebaran tahun ini mengalami peningkatan sebesar 80 persen dibanding tahun lalu, ” ujar George, Selasa (11/6)
Ditambahkan George, selain dari corporate, banyak even nasional maupun internasional seperti Motor Cross World Championship dan Konser Westlife di Palembang, menjadi peluang untuk meningkatkan okupansi.
Wyndham Opi Hotel di Kompleks Opi Mall Palembang saat lebaran tadi memberikan Lebaran Room Promo mulai dari Rp 1.015.000 nett per malam. Dan, promo itu banyak yang mengambil. “Ini terbukti dari tingkat hunian kami bisa mencapai 80 persen,” tegas George.
Begitu juga dengan The 101 Hotel Palembang. Menurut Tia, Marcomm The 101 Hotel Palembang, momen lebaran tahun ini membuat tingkat hunian mereka naik cukup signifikan. “Hingga 98 persen dibandingkan tahun lalu. Animo tamu cukup tinggi untuk menginap di hotel kami, terbukti lebaran kedua peningkatannya mencapai 100 persen,” tuturnya penuh semangat.
Ditambahkan Tia, untuk tetap bisa bersaing di antara hotel lainnya pasti dengan mengutamakan kenyamanan pada saat tamu menginap, promo pun pasti dijalankan. “Kenyamanan tamu serta pelayanan dari para staf kami ketika tamu menginap adalah hal utama yang membuat mereka datang kembali ke hotel kami,” imbuhnya.
Sementara manajemen Hotel Aryaduta berusaha untuk berpikir positif dalam menghadapi persaingan ke depan. Hotel yang berada dalam Kompleks Palembang Square Mall ini punya trik marketing sendiri.
Anggraini, Director of Sales mewakili General Manager Aryaduta Palembang mengatakan, tetap memberikan yang terbaik untuk tamu hotel serta menghadirkan paket-paket menarik seperti School Holiday “Stay & Play” dalam rangka menyambut liburan anak sekolah yang dilengkapi dengan Kids Activities yang menarik. Untuk okupansi hotel mengalami peningkatan sebesar 10 persen. Ini tanda positif bahwa tingkat hunian tetap tumbuh,” tegas dara manis ini.
Hotel The Alts Palembang melalui Rully, Revenue Manager mengatakan, tingkat hunian hotel ke depan sangat didukung dengan promo dan kerjasama. “Kami optimis tetap bergairah. Contohnya lebaran tadi hunian kami naik hingga 50 persen. Karena banyak tamu yang transit dan keluarga yang menginap,” kata Rully.
Hotel bintang 5 yang berlokasi di Jl Rajawali saat lebaran tadi juga memberikan promo seharga Rp 1.270.000 nett untuk 3 hari 2 malam.
Hotel bintang 4 lainnya yang juga memberikan promo menarik adalah Excelton Hotel yang berlokasi di Jl Demang Lebar Daun. Alan Budiman, Marcomm Manager Excelton Hotel menjelaskan, weekend merupakan peluang untuk mendapatkan market keluarga yang berlibur. “Okupansi hotel hampir full mencapai 90 persen tahun ini, hampir sama dengan tahun sebelumnya,” tuturnya.
Semakin ketatnya persaingan bisnis hotel saat ini, seluruh hotel berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi tamu yang menginap. “Kita menyiasati dengan menguatkan digital marketing, kita menggunalan promosi di sosial media terutama Instagram, personal touch kepada tamu, dan varian makanan serta hiburan untuk para tamu,” jelas Alan
Sementara itu The Arista Hotel, hotel bintang 5 yang berlokasi di Jl Kapten A Rivai memberikan promo yang menarik untuk konsumen yaitu potongan harga langsung hingga 25 persen.
“Untuk tingkat hunian kamar, seperti keadaan yang terjadi selama bulan Ramadan, memang tidak setinggi bulan lainnya, tetapi kami memiliki pelanggan baik perorangan maupun corporate yang sejak hotel ini berdiri, selalu menjadi tamu setia kami,” dikatakan Public Relation & Marcomm The Arista Hotel Palembang Candra Fernando,.
Ditambahkan Candra, The Arista Hotel Palembang akan terus berinovasi dalam restoran antara lain yaitu Brava parlour, Golden abalone dan 1000 Rasa Coffe Shoop yang akan mengeluarkan promo-promo regulernya, dan meningkatkan kenyamanan dalam bentuk konsep hiburan yang berbeda.
Menyikapi persaingan bisnis industri perhotelan, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel, Herlan Asfiudin mengatakan bahwa hal ini merupakan sesuatu yang wajar apabila hotel berlomba-lomba memberikan promo ataupun penawaran menarik lainnya. “Sekarang banyak bermunculan hotel baru, persaingan semakin ketat, kalau mereka memberikan diskon, voucher, atau bentuk promosi lainnya kita dukung, itu salah satu upaya mereka meningkatkan okupansi hotel,” tutupnya. (hen)

LEAVE A REPLY