Terbaru, Kini Hadir BNI SONIC

0
1126
Pegawai bank BNI menunjukan layanan baru BNI SONIC (Self Service Opening Account) yang merupakan inovasi terbaru bank BNI untuk mempermudah proses calon nasabah dalam membuka rekening tabungan dengan sebuah mesin

RADAR PALEMBANG – Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini dimanfaatkan oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI untuk menciptakan inovasi baru di dunia perbankan sebagai bagian dari digital branch.  Sebagai pionir, BNI SONIC (Self Service Opening Account) hadir untuk mempermudah proses calon nasabah dalam membuka rekening tabungan dengan sebuah mesin.

Pertama kali muncul di Pameran kerajinan tangan terbesar di Indonesia (INACRAFT) 2019 yang bertempat di Jakarta Convention Center dari tanggal 24 – 28 April 2019, kini mesin canggih tersebut hadir di Kota Palembang.  Hal ini diungkapkan Pemimpin BNI Kanwil Palembang, Dodi Widjajanto, Selasa (24/3/2020). “Nasabah bisa membuka rekening tabungannya sendiri, dengan menggunakan mesin BNI SONIC,”kata dia kepada Radar Palembang.

BNI SONIC, layaknya secara bentuk, mesin ini seperti mesin ATM, namun aplikasinya sangat berbeda. Di Palembang, mesin ini baru saja datang bulan Maret 2020 yang berletak di Kantor BNI Cabang Utama Palembang Musi. Menurut Dodi, BNI SONIC ini baru datang bulan ini (Maret 2020,red), tapi memang perencanaannya (mendatangkan BNI SONIC,red) sudah lama dilakukan. Adanya mesin ini, akui dia, mempermudah nasabah yang akan buka rekening Taplus BNI.

Jika selama ini, untuk membuka rekening dan mendapatkan buku nasabah harus datang ke kantor bank, menunggu dan dilayani seorang costumer service, maka hadirnya BNI SONIC ini menjadi tambahan layanan. Dimana, nasabah mengisi form disiapkan oleh mesin, termasuk menentukan jenis tabungan yang akan dibuka. Tak hanya itu, mesin yang berslogan layanan ‘Hanya 3 Menit Gak Pake Ribet, Siapkan KTP Anda’ ini juga bisa langsung cetak kartu ATM-nya.

“Semua data yang diperlukan untuk membuka rekening baru bisa nasabah input sendiri di BNI SONIC, tentu aksesnya menggunakan KTP elektronik nasabah, bahkan bisa juga langsung cetak kartu ATM-nya,”jelas dia. Calon nasabah hanya membutuhkan e-KTP untuk memulai menggunakan mesin BNI SONIC ini agar calon nasabah dapat terdeteksi bahwa ia adalah seorang warga Negara Indonesia yang sah.

Lalu dalam prosesnya, tidak perlu lagi ada sesi wawancara dengan petugas Customer Service BNI, cukup menggunakan biometrik atau sidik jari untuk mengidentifikasi nasabah sebagai pengganti proses Know Your Customer (KYC). Untuk buku tabungan, nasabah bisa cetak di petugas CS bank. Langkah ini, merupakan kebijakan BNI sebagai digital branch. “Semakin banyak digital banking maka akan memberikan kemudahan pelayanan nasabah, dan ini konversinya akan lebih masif,”ujar dia.

Layanan BNI SONIC di handle oleh mesin secara cepat dan menyeluruh sehingga ketika selesai membuka rekening, nasabah dapat langsung menggunakan kartu debit secara normal layaknya membuka tabungan di outlet konvensional.  BNI SONIC ini ditujukan kepada orang-orang yang digital savvy, tidak ingin ribet serta memiliki keterbatasan waktu untuk datang ke outlet konvensional untuk membuka rekening tabungan. “Kita ingin nasabah lebih aktif di e-channel untuk transaksi keuangannya,”ujar Dodi.

Begitu mudah dan sederhana sehingga hanya membutuhkan waktu 3 menit sampai rekening jadi. Pengguna juga dapat memilih langsung jenis rekening. Mulai dari rekening BNI Taplus, BNI Taplus Muda, atau BNI Taplus Bisnis. Keunggulan lainnya adalah, pengguna juga dapat memilih jenis kartu, bisa Kartu Platinum atau Gold, menyesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, pengguna juga bisa langsung mengaktifkan internet banking melalui mesin BNI SONIC.

BNI SONIC sudah dipayungi regulasi oleh OJK dan sudah mendapatkan Penghargaan dari MURI sebagai Pembukaan Rekening Tabungan Tercepat Melalui Opening Account Machine. Saat dilakukan tes, BNI SONIC hanya membutuhkan 2 menit 40 detik saja untuk membuka rekening tabungan. (dav)

 

 

LEAVE A REPLY