Tempoyak Bu ‘Ama’ Asli Tanpa Pengawet

0
1522

RADAR PALEMBANG – Tempoyak merupakan makanan legendaris khas Palembang yang dibuat dari durian yang difermentasikan. Dengan cita rasa asam, tempoyak banyak digunakan sebagai campuran berbagai masakan mulai dari ikan patin tempoyak, brengkes patin tempoyak, sambal tempoyak, dan lainnya.
Aldy Big Bro, pengusaha home indutri tempoyak Bu ‘Ama’ yang berlokasi di Jalan Kapten Robani Kadir RT 18 RW 5 No 06 Talang Putri Plaju Palembang bisa menjadi alternatif apabila ingin membeli tempoyak yang berkualitas, asli dan tanpa bahan pengawet. Usaha yang baru berjalan selama satu tahun ini sudah mendapat tempat di hati masyarakat kota Palembang, bahkan pelanggan tempoyak Bu ‘Ama’ hingga di luar pulau Sumatera.
“Kita berani bersaing kalau soal kualitas produk, karena memang tempoyak yang kita buat itu dari durian asli tanpa campuran dan bahan pengawet,” tutur Aldy saat dibincangi.
Aldy menambahkan, tempoyak Bu ‘Ama’ terjual 100 hingga 300 Kg per bulannya. Selain dijual langsung, tempoyak yang diproduksi di Muara Enim ini juga masuk ke berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Palembang. “Bahkan kita sudah kirim tempoyak kita ke toko oleh-oleh di Bandung, Yogya, dan kota-kota lainnya,” ujarnya
Tempoyak Bu ‘Ama’ yang dikemas dalam bentuk toples ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran 250 Gram seharga Rp15 ribu, 500 Gram Rp30 ribu, dan 1 Kg Rp60 ribu.
Dijelaskannya lebih lanjut, tempoyak bisa awet tergantung dari cara penyimpanan, untuk di luar suhu ruangan tempoyak bisa bertahan hingga satu bulan, kalau ditempatkan di dalam guci tanpa udara bisa awet bertahun-tahun. “Tempoyak kita kemasannya dalam bentuk toples, ambil seperlunya sesuai kebutuhan, setelah itu masukkan toples ke dalam kulkas biar awet,” sarannya.
Tidak hanya tempoyak saja, dalam waktu dekat, pria yang juga pengusaha kopi ini akan mencoba memproduksi sambal cup tempoyak untuk ekspansi ke luar pulau Sumatera. (hen)

LEAVE A REPLY