Tekan Kemacetan di Titik Jalan Rusak.

0
893

Satlantas OI, Swasembada Perbaikan Jalan.

 

RADAR PALEMBANG  – Meningkatnya angka kemacetan di jalan lintas Palembang-Indralaya diakibatkan kerusakan jalan di beberapa titik di wilayah kabupaten Ogan Ilir khusus di wilayah dekat Terminal Karya Jaya, membuat pihak Polres Ogan Ilir melalui Unit Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) melakukan penutupan jalan yang berlubang secara swasembada bersama warga di sekitar jalan rusak, jumat (27/3).

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Asep Jajat Sudrajat melalui Kasatlantas AKP Sukamto mengatakan upaya tersebut dilakukan dalam rangka menekan angka kemacetan yang terjadi di wilayah Ogan Ilir, yang disebabkan banyak kendaraan yang melintas terutama muatan besar seperti truk dan bus harus berjalan secara perlahan lantaran besar lubang jalan untuk menghindari terjadi terguling dan nyangkut saat melintas jalan rusak tersebut.

“Titik di dekat terminal karya jaya merupakan titik yang rawan kemacetan, karena kendaraan harus melintasi jalan tersebut secara perlahan untuk menghindari bus atau truck terbaring, oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut kita melakukan swasembada penutup jalan bersama warga sekitar,” katanya, kemarin, (27/3).

Diungkapkannya, difokuskan titik tersebut dilakukan perbaikan secara swasembada lantaran dalam minggu ini kerap terjadi kemacetan yang disebabkan kendaraan besar terguling dan nyangkut akibat kerusakan parah sehingga menyebabkan kemacetan yang Panjang.

Terhitung, Kamis (26/3) pagi ada satu truck yang terguling serta dua bus yang nyangkut serta di malam harinya ada satu unit truck terguling. Kemacetan sulit diurai mengingat kondisi pada titik tersebut kendaraan yang bermuatan sangat perlahan.
“Di pilihan lokasi tersebut karena merupakan titik yang rawan kecelakaan serta rawan kemacetan akibat banyak lubang di kawasan tersebut,” ujarnya. Dikatakannya, kemacetan yang diakibatkan jalan rusak di wilayah Ogan Ilir yang dinilainya perlu dilakukan antisipasi perbaikan yakni titik di dekat restoran tahu sumedang km 30, di kawasan tugu selamat datang kota Indralaya dekat rumah makan tiga saudara, jalan tebing grinting, di desa krinjing serta jembatan tanjung raja.

“Di lima titik tersebut lubang jalan tak separah di dekat terminal karya jaya, akan tetapi jika hal tersebut tidak dilakukan antisipasi perbaikan dikhawatirkan akan semakin parah mengingat jalan tersebut merupakan jalan lintas dilalui kendaraan besar,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada pengendaraan kendaraan agar berhati-hati saat melintasi titik jalan rusak serta kepada warga sekitar apabila memungkinkan dilakukan perbaikan secara swasembada. “Kami mengimbau sambil menunggu adanya perbaikan untuk berhati-hati,apabila memungkinkan ketika kondisi jalan yang sudah parah minta dilakukan penanganan yang bersifat darurat,” tutupnya.(ben)

LEAVE A REPLY