Technoplas Siap Tangkal Serbuan Impor

0
262

 

RADAR PALEMBANG, Derasnya serbuan barang impor plastik terutama Tiongkok, mendapat perhatian serius pabrikan lokal Technoplast.

Produsen industri plastik ini siap menangkal produk-produk unggulannya. Dengan harga terjangkau dan bahan baku lokal, tetapi dengan kualitas internasional, Technoplas siap menangkal membanjirnya produk plastik impor.

“Tugas kami itu jaga kandang. Kita harus menguatkan produk-produk lokal dengan kualitas internasional. Dengan begitu, serbuan barang-barang impor dapat kita tahan,” kata CEO Technoplas Sjamsoe Fadjar Indra.

Penenegasan itu dia sampaikan saat menerima visit media yang diikuti puluhan jurnalis berbagai daerah di pabrik Technoplas kawasan Cikupa Tangerang kemarin. Fadjar menjelaskan, Technoplas sendiri memproduksi beragam varian. Mulai dari botol, tempat makana, puzzle, dan beragam produk rumah tangga lainnya. “Kapasitas produksi kami per 8 juta pcs per tahun dari 53 mesin yang kami punyai saat ini. Sedangkan untuk lisensi kami ada sekitar 50. Mulai dari Doraemon, Hellokity, dan bahkan Marvel,” urainya.

Soal kualitas, Fadjar menjamin sebagai produsen produk personal ware, pihaknya melakukan sistem yang terorgenerasi demi menjamin kualitas tinggi dari produk yang dihasilkan. “Kami menerapkan berbagai standarisasi yang membuat sistem produksi di pabrik ini sangat terjaga dan dapat dipertanggungjawabkan. Seperti, kami sudah mendapat ISO 9001, WCA, dan kami merupakan produsen plastik pertama yang menerapkan standar SNI,” urainya.

Soal pemasaran, Director of Marketing and Sales Ellies Kiswanto menambahkan, bidikannya para ibu rumah tangga. Dan ke depan, akan terus dikembangkan dengan menerapkan digital marketing. “Saat ini, sebesar 70 persen produk kami memang untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri. Sisanya kami impor pada negara-negara yang banyak membutuhkan produksi plastic, seperti Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin. Karena negara tersebut, panas dan membawa air dari rumah. Airnya umumnya kotor. Sehingga, negara yang sungainya bersih atau cuaca dingin seperti Eropa, jarang menggunakannya,” tutur Ellis.

Wartawan Diajak Keliling Pabrik

Sementara dalam kunjungannya, para awak media diajak berkeliling untuk melihat produksi secara utuh. Mulai pengolahan bahan baku, pencetakan produk, pembuatan dekorasi, hingga pengepakan dan penyimpanan dalam gudang.

Awak media juga diajak melihat Quality Control di laboraturium. Dengan melihat secara langsung, media bisa menyaksikan bahwa produk Technoplast benar-benar berkualitas, dan aman untuk digunakan. “Kunjungan semacam ini baru pertama sejak 20 tahun kami berdiri. Kami ingin Technopl

LEAVE A REPLY