Tanpa Media, Pemerintah Tidak Akan Berjalan

0
261

 

RADAR PALEMBANG- Keberhasilan suatu pemerintahan tidak bisa diraih tanpa adanya campur tangan dari Media. Maka dari itu Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel selalu menekankan kepada semua kepala daerah untuk tidak membunuh media atau pers.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel, Firdaus Komar mengatakan pemerintah jangan sampai membunuh media dan pers karena tanpa pers pemerintahan tidak akan berjalan. “Ada tiga elemen agar pemerintah bisa berjalan yaitu pemerintah, masyarakat dan media. Jika diantara ketiga ini tidak berjalan maka pemerintah tersebut tidak akan berfungsi,” ujarnya Kamis (7/11)

Dia mengatakan pers harus tetap di pertahankan karena pers bagian dari negara Republik Indonesia. “Selain itu salah satu cara mempertahankan pers adalah dengan cara terus membina wartawan. Dan saya selalu sharing jangan pernah menjadi wartawan yang sombong, merasa hebat karena kita harus terus belajar,” jelasnya.

Salah satu tolak ukur dari kemajuan seorang wartawan adalalah dilihat dari karya apa saja yang sudah dirinya buat. “Saya pikir intikator profesional dari seorang wartawan itu dilihat dari karya apa saja yang sudah dirinya buat,” terangnya.

Dia menyampaikan, keberadaan pers sangat berperan, apalagi pemerintahan. “Pemerintah harus membantu pers, bagaimana menjadi media profesional dan berkualitas,” ujarnya.

Lanjutnya, dalam perjalanan pers semakin berkembang, mulai dari orde baru dan orde lama. “Kalau dahulu belum ada online, sekarang sudah menjamur. Makanya, perlunya pelatihan dan pembinaan terhadap wartawan dan sekarang bagimana cara untuk menghidupkan media online yang profesional dan berkualitas,” katanya.

Dia menjelaskan, tujuan pers tercapainya cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana diamanatkan pembukaan undang-undang 1945, terlaksananya kehidupan demokrasi, berbangsa dan bernegara serta kemerdekaan.

Kemudian, terwujudnya kemerdekaan Pers Nasional yang profesional, bermartabat, dan beradab, terpenuhinya hak publik memperoleh informasi yang tepat, akurat, dan benar dan terwujudnya tugas pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan publik. “Tak lain adalah tujuan pers mencerdaskan masyarakat dan wartawan harus lebih profesional,” katanya.

Sementara itu Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP), Kurniati Abdullah mengatakan, tugas dan tanggung jawab wartawan sangat besar, sehingga harus betul-betul memperhatikan peraturan sesuai perundang-undangan,” jelasnya.

Sementara itu Imam Handiman, narasumber lainnya menjelaskan, tentang teknik penulisan berita dan tugas wartawan. Menurutnya, tugas wartawan itu mencari berita dan menuliskannya. Antara materi dan bagaimana cara mengemas materi tersebut.”Dalam menulis berita ada lima aspek, pertama memperhatikan isi tema atau topik, organisasi, bahasa dan etika,”pungkasnya.(spt)

LEAVE A REPLY