Tampilkan Legenda 8 Dewa

0
1001

+ Wayang Tionghoa Sam Khau Bun Gie Siah di Perayaan Cap Go Meh

RADAR PALEMBANG – Grup Wayang Tionghoa Sam Khau Bun Gie Siah, menampilkan 2 lakon cerita pada perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro pada tanggal 9-10 Februari mendatang.
Hasan Solihin, atau biasa disapa Acit, ketua group Wayang Tionghoa Sam Kauh Bun Gie Siah mengatakan, acara Cap Go Meh merupakan agenda tahunan yang biasa di gelar di Pulau Kemaro setelah Imlek.
“Ada sekitar 2 lakon yang kita tampilkan salah satunya adalah cerita tentang legenda 8 dewa. Cerita ini bagus sekali untuk generasi muda karena mengajarkan semangat dalam bekerja akan jangan pantang menyerah,”katanya.
Acit juga mengatakan, kalau wayangnya mempunyai sekitar 200 naskah cerita, dari 200 naskah cerita tersebut yang paling sulit untuk dipentaskan adalah kisah perang.
Apa alasannya? Menurut Acit, karena kisah perang membutuhkan SDM yang banyak mulai dari para prajurit hingga tokoh utama.
“Selain itu dalam kisah perang membutuhkan panggung yang besar beda dengan kisah-kisah. Jadi kalau panggungnya kecil otomatis tidak bisa menampilkan kisah perang,”ucapnya.
Acit juga mengatakan, peralatan untuk tampil yang dimiliki oleh Grup Wayang Tionghoa Sam Khau Bun Gie Siah termasuk lengkap dengan jumlah aset mencapai Rp 5 M. “Sebagian besar peralatan tersebut dibeli langsung dari Cina, jadi kalau topeng Kera Sakti atau Fat kay terlihat mirip sekali,”terangnya.
Acit juga menceritakan, kalau jumlah anggota wayang Tionghoa ini mencapai 60 orang yang sebagian merupakan para remaja. “Mereka rutin latihan di Jl Letda Arozak deket kuburan Kandang Kawat atau tepatnya dilingkungan Kelenteng yang dewa utamanya Dewi Kwan Im,”ucapnya.
Acit juga menceritakan, dalam penampilan satu tahun terakhir ini Group Wayang Tionghoa Sam Khau Bun Gie Siah selalu menampilkan monitor digital untuk menterjemahkan kata-kata Mandarin yang ditampilkan. “Jadi tidak hanya warga keturunan Tionghoa yang bisa memahami lakon yang kita tampilkan tapi warga pribumi juga bisa,”jelasnya. (sep)

LEAVE A REPLY