Tahun Politik Ekonomi Tetap Prospek

0
309

 

**Pandangan Ketua HIPMI Sumsel

 

 

 

RADAR PALEMBANG – Tahun politik 2019, diprediksi tidak akan menggangu stabilitas ekonomi. Asalkan pemerintah mempu memberikan stimulus seperti layaknya tahun 2018 ini.

Menurut Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumsel M Akbar Alfaro, tahun-tahun ini ekomomi Indonesia dan Sumsel khususnya masih cukup agresif. Kondisi ini berkat sokongan perhelatan Asian Games dan pembangunan infrastrutur yang dilakukan pemerintah.

Untuk tahun depan, pemerintah harus mampu memberikam stimulus lain terutama disektor komoditi. Jika melihat program pemerintah daerah. Ada beberapa program yang bisa menjadi titik terang untuk sektor komoditi Sumsel.

“Dari Pemerintah Provisi Sumsel sudah ada wacana untuk membangun pabrik ban untuk industri hilir komoditi karet, jika ini terealisasi tentu berdamoak besar. Selain itu, program campuran aspal karet oleh Pemerintah Musi Banyuasin tentu bisa menjadi mesin untuk komoditi karet serapan akan meningkat sehingga diharapkan bisa memlerbaiki harga jual ditingkat petani,” jelas Alfaro.

Jika dua hal ini mampu direalisasikan tentu bisa mendongkat ekonomi petani karet dan kesejahteraan bisa naik dengam sendirinya. Selain industri hilir komoditi ekpansi agresif pelaku ritel yang terjadi sepanjang tahun ini terus berlanjut tahun depan.

“Kita harapkan sektor industri seperti ritel semakin menggeliat sehingga bisa memicu serapan tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran. Ekspansi ritel menyerap tenaga kerja sangat besar. Satu ritel seperti JM group mampu menyerap ratusan tenaga kerja,” katanya.

Alfaro menjelaskan sektor swasta juga harus banyak dilibatkan. Investasi yang dilakukan harus bisa didukung dan dipermudah terutama untuk kemudahan perizinan. “Peran sektor swasta harus dihidupkan. Sebab hal itu akan menjadi mesin pendorong ekonomi kerakyatan,” tambahnya.

Dengan kondisi seperti yang diutarakan diatas HIPMI optimis proyeksi ekonomi tahun depan bisa lebih baik dari tahun ini. Jika pemerintah bisa memperbaiki sektor hilirnya dari produk komoditi  saya rasa akan jauh lebih baik.

Meski ada tahun politik tentu tidak menjadi hal yang perlu ditakutkan, sebab dari sisi pengamanan sudah ada komitmen dari kapolda untuk menjaga keamanan saat tahun politik. Sehingga dunia usaha lebih kondusif dan tidak terpengaruh oleh  propaganda pesta politik.

“Meski tahun politik pengusaha dan masyarakat bisa mendorong pertumbuhan ekonomi. Tahun politik jangan menjadi alasan bagi pengusaha untuk white and see seperti yang dilakukan bisnis sektor ritel saat ini,” katanya.

UMKM juga harus dikembangkan. Seperti tahun 98 yang lebih didomunasi umkm yang bisa memberikan nilai tambah untuk ekonkmi kita. (iam)

LEAVE A REPLY