Tahu Bakso Viral Pelopor Sambal Merah

0
308
Friska Winda Praja, pemilik Tahu Bakso Abimayu. Baksonya dibandrol Rp 20 ribu per box. (foto, salamun, Radar Palembang).

RADAR PALEMBANG– Populer sebagai seorang influencer yang memiliki lebih dari 10 ribu followers, Friska Winda Praja atau biasa disapa Black, memanfaatkan ketenaran yang ia miliki untuk terjun menekuni bisnis kuliner Tahu Bakso Abimanyu. Mantan penyiar salah satu radio anak muda ternama di Kota Palembang ini menjajaki usaha tahu bakso bermula dari teras rumah hingga kini memiliki banyak cabang yang tersebar di setiap sudut kota.

“Awalnya anak aku, Putraku Abimanyu, kan suka sekali makan, kebetulan di rumah ada bahan tahu sama daging sapi setengah kilo. Setelah aku bikin ternyata anak aku suka, kemudian iseng aku posting pas Abimanyu lagi makan eh banyak followers aku banyak yang ngiler dan pengen beli. Dari sini terlintas pikiran kalau aku bisa promosiin produk teman, kenapa ga promosi produk aku sendiri,” tuturnya saat dibincangi kemarin di kedai Tahu Bakso Abimanyu Pusat yang berlokasi di Simpang Polda.

Kelezatan Tahu Bakso Abimanyu yang dibanderol dengan harga Rp20.000 per box isi 5 ini terletak dari kekuatan sambal merah kental dengan cita rasa pedas, asam, dan manis sangat pas dengan tahu bakso yang memiliki tekstur padat dan kenyal. “Boleh dibilang, aku ini pelopor tahu bakso dengan sambal merah di Palembang, kalau tahu bakso yang lain kebanyakan dicocol dengan kecap atau cabai rawit,” jelasnya.

Diakui wanita memiliki wajah manis ini, selain followers, mempunyai banyak teman di dunia entertaintment sangat menguntungkan dirinya dalam menjalankan usaha tahu bakso ini.
“Mereka dengan sukarela bantu posting tahu bakso aku, sehingga dalam waktu singkat pesanan membludak dan tahu bakso aku menjadi viral,” ujarnya sambil tertawa lepas.
Tak hanya tahu bakso, menu tahu walik pun tak kalah banyak peminatnya. Tahu kopong mirip tahu Sumedang yang diolah dengan cara dibalik kemudian diberi isian bakso lalu digoreng hingga renyah.

Untuk pengolahan tahu walik, dikatakan Black, memerlukan teknik khusus, dimana pada saat proses menggoreng dilakukan dengan dua cara, perrama dengan api besar baru kemudian api kecil.
“Ini membutuhkan keahlian khusus agar tahu walik matangnya pas dan hasil akhirnya bisa renyah, karena kalau salah dalam proses menggoreng bisa mutung dan kurang renyah,” terang dia.
Tahu Bakso Abimanyu sudah memiliki banyak cabang antara lain ada di kawasan Plaju, Celentang, Maskarebert, Sukabangun, Way Hitam, Kenten Laut, Bukit, hingga yang akan segera dibuka di Muara Enim dan Lahat.

“Permintaan banyak untuk buka cabang Tahu Bakso Abimanyu, ada yang datang dari Jakarta dan kota-kota lainnya, bahkan Glen Idol juga ingin buka cabang tahu bakso aku,” ujarnya.
Tahu Bakso Abimanyu Pusat buka setiap hari mulai pukul 7.00 – 22.00 WIB, untuk cabang pukul 10.00 – 22.00 WIB, khusus Kambang Iwak buka pukul 13.00 – 01.00 WIB. Tahu bakso Abimanyu juga tersedia di GoFood dan GrabFood. (hen)

LEAVE A REPLY