Survei PDIP, Deru Merajai

0
699

 

RADAR PALEMBANG, RP – Nama Herman Deru masih menempati hati rakyat Sumsel. Terbukti, dalam survey dengan pertanyaan tertutup, potensi suara kandidat jika Pilgub Sumsel tanpa menghitung elektabilitas Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin, maka sementara Herman Deru unggul cukup signifikan dengan perolehan mencapai 40,29 persen.

Berdasarkan hasil survei yang digelar DPD PDI Perjuang itu, calon gubernur Sumsel masih berkutat pada muka-muka lama. Selain Herman Deru, ada juga nama Ishak Mekki, Syahrial Oesman ketua DPD Nasdem dan mantan walikota Palembang Eddy Santana putra masuk empat besar.

Servei itujuga mengungkapkan, secara berurutan Ishak Mekki (32,0 persen), Syahrial Oesman (28,7 persen), Eddy Santana Putera (25,1 persen), Giri Ramandha (20,0 persen), Aswari Rivai (18,9 persen), Iskandar Sahil (8,6 persen), dan Sarjan Tahir (7,7 persen).

Ketua Tim Penjaringan  DPD PDI Perjuangan Sumsel, Yudha Rinaldi membenarkan jika PDI Perjuangan sudah melakukan survey tahap pertama pada Bulan Agustus lalu. Selanjutnya, pihaknya akan melakukan survey tahap kedua pada awal bulan November mendatang  sebagai tahapan dari penjaringan.

“Kita tidak merilis hasil survey, hanya sebagai pegangan dan evaluasi bagi kandidat yang mendaftar di PDI Perjuangan. Hasilnya memang kita serahkan ke masing-masing calon, jika mereka ingin mempublis kita tidak bisa menghalangi, namun ini hanya acuan bagi calon dan internal,” kata Yudha kepada Radar Palembang, kemarin (19/9).

Dikatakan Yudha, bahwa hanya calon kepala daerah serentak saja yang dilakukan survei baik itu cagub maupun calon walikota dan calon bupati.

Terpisah,  Cagub Sumsel Herman Deru sangat mengapresiasi. Sebab, ini menguatkan survey lainnya yang menempatkannya sebagai survey tertinggi. “Ya saya sudah mendapatkan laporannya, ini menunjukkan bahwa masyarakat menginginkannya. Dan memang hasil survey adalah modal awal setiap parpol memberikan rekomendasi, selain pertimbangan lainnya seperti kader dan satu visi,” kata Deru saat dihubungi.

Wakil ketua DPD demokrat Sumsel, Zainudin mengatakan, dengan tingginya angka Ishak Mekki menunjukkan bahwa respon masyarakat kepada Ishak Mekki sangat besar.”tentu ini menambah penyemangat bagi kami untuk terus mengerakan mesin partai dalam rangka melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk memperkenalkan sosok pak ketua ke publik,”jelasnya. (zar)

 

 

LEAVE A REPLY