Sumsel Butuh Perpustakaan Terapung

0
370
YASHICA Digital Camera

 

RADAR PALEMBANG – Kondisi perairan di Sumatera Selatan (Sumsel) harus diberdayakan secara maksimal. Salah satunya dengan mendirikan perpustakaan apung lebih banyak lagi.

Hal ini dikatakan Anggota Komisi V DPRD Sumsel Rizal Kennedy kepada Radar Palembang akhir pekan lalu. Rizal mengatakan saat iniĀ  di Sumsel baru ada satu perpustakaan Terapung yang berada di Kabupaten Musi Rawas. Perpustakaan tersebut tepatnya berada di Danau Aur, Kecamatan Sumber Harta.

Menurut politisi Partai Persatuan Pembangunan ini, menjadi objek wisata yang sangat menarik. Mengingat pengunjung tak hanya mendapatkan pengalaman berwisata yang baru. Sambil belajar bisa pula berwisata.

Apalagi ujar Rizal, saat membaca para pengunjung dibawa keliling. Melihat ini tidak ada salahnya di daerah lain dikembangkan pula hal serupa. Apalagi di Sumsel cukup banyak daerah perairan, terutama sungai.

“Kita bisa mengembangkan hal serupa di daerah lain. Kota membutuhkan lebulih banyak yang seperti ini. Misalnya di Sungai Musi, bisa kita lakukan. Jadi, ini tidak bermanfaat bagi masyarakat sekitar saja, tetapi juga wisatawan yang datang berkunjung,” katanya.

Mengenai fasilitas yang ada, diakui saat ini perpustakaan keliling tersebut masih sangat minim. Buku yang tersedia masih terbatas. Ia berharap nantinya dari APBD Provinsi bisa dianggarkan lebih banyak lagi.

“Perpustakaannya merupakan bantuan dari Bank SumselBabel, dengan kapasitas 30 orang. Nah, kita akan bantu buku. Kita akan panggil Badan Perpustakaan untuk memasukan ini pada anggaran berikutnya. Dengan buku yang lebih banyak dan variatif, kita berharap akan mampu menarik minat masyarakat berkunjung,” katanya.

Sains itu Rizal juga mengatakan soal kereta gantung untuk naik ke Bukit Sulap. “Kami juga dari sana diajak wako. Jadi, kalau mau ke Bukit Sulap bisa naek kereta gantung. Sangat menarik, dengan kemiringan sekitar 60 derajat. Nah, kalau sudah diatas sangat indah pemandangannya. Insyaallah akan diresmikan pada 17 Oktober mendatang,”tukasnya.(rul)

 

LEAVE A REPLY