Sulit Cari Lawan Tanding Heri di PALI

0
55

Penantang Harus Punya Amunisi Lebih

RADAR PALEMBANG – Siapa yang akan menjadi penantang petahana Calon Bupati (Cabup) PALI Heri Amalindo pada pilkada PALI tahun depan? Sampai saat ini belum muncul. Politikus dan tokoh masyarakat yang berniat untuk maju masih wait and see.  Incumbent dipandang terlalu kuat. Penantang harus punya amunisi lebih– baik program terobosan maupun komunikasi publik.

“Siapa yang akan menantang Heri Amalindo maupun Perdian Lakoni masih tanda tanya. Diprediksi akan ada penantang apakah itu dari politisi ataupun dari tokoh masyarakat,”kata Pengamat politik dan sosial Sumsel, Bagindo Togar, kepada Radar Palembang, Kemarin (9/9).

Jika melihat hasil pileg yang lalu maka semua partai politik tidak akan mampu mengusung calon bupati-calon wakil bupati secara sendiri karena harus berkoalisi dengan partai lain.  “Semua partai tidak ada yang meraih 5 kursi, artinya semua partai harus berkoalisi untuk mengusung pasangan cabup-cawabup, “ujar dia.

Ia memprediksi bakal ada dua pasangan calon yang berpeluang untuk diusung, oleh karena itu baik itu dari partai Koalisi maupun partai oposisi harus mampu melakukan loby politik secara intens jika inggin mengusung pasangan calon.

Dilanjutkan Bagindo, tingkat kepuasan masyrakat era kini,  yang cenderung cepat berubah arah. Ukuran dan persepsinya menjadi tolok ukur atau parameter bagi para paslon dalam merumuskan program kerja untuk meraih simpati publik.

“Walaupun petahana lebih memiliki akses terhadap perangkat pemerintahan terendah dan tokoh-tokoh masyarakat. Paslon penantang,  harus mampu menemukan jurus dan rumus ampuh, untuk memperoleh simpati publik,” Ujar Bagindo.

Ia mencontohkan, penantang harus menawarkan bahwa program serta kebijakan pembangunan yang lebih partisipatif,  optimal,  cepat , bermanfaat dan anti elitis alias nondiskriminatif dengan membuka seluas luasnya kepada masyarakat akses untuk mengawasi proses maupun hasil-hasil pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah.(zar)

 

 

LEAVE A REPLY