Sukartek Kembali Pimpin MBI Palembang

0
406
Proses pemilihan ketua MBI kota Palembang yang digelar di lantai IV vihara Samantha Badra Minggu (11/10/2020)

RADAR PALEMBANG – Dari hasil musyawarah cabang (muscab) Majelis Budhayana Indonesia (MBI) Kota Palembang yang digelar di lantai IV Wihara Samantabhadra, kemarin (11/10) siang kembali terpilih Upasaka Samuara Mitta Sukartek memimpin untuk yang ketiga kalinya untuk masa bakti 2020-2023 mendatang.

Dalam pemilihan yang melibatkan 4 vihara dan 2 persamuan, Sukartek terpilih secara aklamasi setelah tiga orang calon ketua mengundurkan ataupun tidak bersedia dicalonkan.

” Kita ingin pemilihan Ketua MBI Kota Palembang berjalan demokratis, maka calon jangan sampai satu. Akan tetapi karena ketiga calon mengundurkan diri dari pencalonan, secara aklamasi kita tetapkan Upasaka Samuara Mitta Sukartek ini sebagai ketua kembali. Hal ini dalam AD/ART MBI memperbolehkan posisi ketua dipimpin tiga periode untuk yang ditingkat kabupaten/kota,” ujar Ketua Panitia Muscab, Lisan Putra ke awak media, kemarin.
Selain itu, untuk proses pemilihan dari musda sendiri, setiap pemilik suara yakni vihara dan pandita mencalonkan satu nama untuk maju sebaga calon ketua. Nantinya, setiap calon tersebut akan menyampaikan kesediaannya itu untuk dicalonkan. Dimana keempat calon yang diusung oleh pemilik suara yakni, Upasaka Samuara Mitta Sukartek, Han  Ping, Dewi

Sri dan Juniarti Salim. Setelahnya, calon tadi akan dipilih semua peserta.
” Semua calon memiliki peluang yang sama besar. Sehingga untuk tentukan ketua terpilih harus dipilih oleh pemilih yang memiliki suara. Karena keempat kandidat yang dicalonkan dan hanya satu orang yang bersedia, karena itu secara otomatis maka calon tunggal tadi langsung ditetapkan oleh panitia musda sebagai calon terpilih,” terang Lisan.

Ketua MBI Kota Palembang terpilih Upasaka Samuara Mitta Sukartek mengatakan, setelah terpilih kembali dirinya akan segera membentuk kepengurusan periode 2020-2023 dan menyusun program-program kerja.

“Untuk program kerja kita akan selaras dengan program pusat diantaranya mendata umat. Sedangkan untuk program yang sudah di jalankan diantaranya mewisudhi umat agar lebih memahami arti dan praktek Buddhis yang benar dan rutin menyelenggarakan kegiatan untuk memperingati hari besar agama Buddha tetap akan dilanjutkan,”ujarnya.

Sukartek juga menjelaskan tentang Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Palembang yang merupakan majelis umat Buddha di Indonesia dan bagian dari MBI Sumatera Selatan. MBI memiliki fungsi sebagai pembantu utama Sangha Agung Indonasia (SAGIN) dalam pembinaan umat. “Sesuai dengan tujuannya yaitu pembantu Sagin, selama berdiri MBI Kota Palembang tidak lama dari berdirinya Vihara Dharmakirti, MBI rutin membantu Sagin,”katanya.

Sementara itu, Ketua Sekretariat Bersama (Sekber) Persaudaraan Muda Mudi Vihara – vihara Buddhayana Indonesia (PMVBI) Sumatera Selatan Erwin mengucapkan selamat atas terpilihnya Upasaka Samuara Mitta Sukartek sebagai ketua MBI kota Palembang. “Dari 2 periode sebelumnya kinerja Upasaka Samuara Mitta Sukartek sangat baik dalam memajukan vihara. Semoga kedepan bisa lebih baik lagi,”katanya.

Senada Ketua Wanita Buddhis Sumsel Rusmiati Zen juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Upasaka Samuara Mitta Sukartek sebagai ketua MBI Kota Palembang periode 2020-2023. “Kinerja Upasaka Samuara Mitta Sukartek dalam memajukan vihara sangat baik. Mudah-mudahan kedepan bisa lebih baik lagi,”katanya. (sep)

LEAVE A REPLY