Stok Obat Dinkes Aman

0
618

 

RADAR PALEMBANG – Stok obat-obatan di gudang Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) hingga bulan September hingga akhir tahun ini (2015) dipastikan aman.

Untuk persedian obat-obatan hingga akhir tahun 2015 nanti tidak ada masalah dan dikategorikan aman. Kepala Dinkes OKI M.Lubis melalui staf bagian penyediaan dan yang menangani masalah obat, Mustofa, Rabu (12/8).

“Persediaan ini dibilang cukup, karena melihat dari data tahun 2014 yang lalu mengenai kebutuhan akan obat dari puskesmas yang ada di OKI memberikan data kepada pihak Dinkes sesuai dengan kebutuhan ataupun stok yang diperlukan di puskesmas tersebut,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk tahun 2015 penyuplaian obat ke puskesmas-puskesmas yang tersebar di Bumi Bende Seguguk, berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena sebelumnya pihak Dinkes OKI langsung menyuplai atau menstok obat–obat langsung ke puskesmas. “Tahun ini penyaluran obat ke puskesmas agak berbeda dengan tahun sebelumnya, kami hanya penyuplai obat tergantung dari kebutuhan, dan permintaan pihak puskesmas, termasuk juga jenis obat yang dibutuhkan,” bebernya.

Pihaknya mengaku bahwa untuk jenis obat yang disediakan oleh Dinkes yang akan disuplai ke puskesmas itu tidak terhitung jenisnya. “Ada ribuan jenis obat yang kami sediakan. Namun, yang pasti obat yang tersedia merupakan obat pelayanan dasar tingkat puskesmas seperti obat esensial,” tegasnya.

Untuk saat ini obat-obatan yang banyak digunakan masyarakat adalah antibiotik, obat penurun panas (paracetamol) dan penghilang rasa sakit. “Karena di musim kemarau ini banyak warga, terutama anak-anak yang menderita diare dan ISPA. (eml)

LEAVE A REPLY