Stok Blanko KTP Menipis

0
428

 

RADAR PALEMBANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pagaralam menunggu drooping blanko KTP-el dari Pusat (Kemendagri, red). Sementara, untuk stock kepingan blanko untuk pencetakan identitas kependudukan ini, perlu penambahan, sebab kondisinya kian menipis.

“Masih ada sekitar 500 keping. Kita, masih menunggu drooping pusat yang jumlahnya mencapai ribuan keping blanko untuk pelayanan pencetakan KTP-el,” ujar Kadisdukcapil Kota Pagaralam, Rasydi Asin, melalui Kabid Pendaftaran Penduduk, Surono, kemarin.

Sebenarnya kata Surono, mengenai blanko KTP-el tidak ada masalah dan siap melayani pencetakan sesuai dengan permohonan yang dilayani di loket pelayanan. Hanya saja, untuk pengirimannya jangan sampai terlambat. Jika tak ada halangan, akhir Agustus ini. Sebab, pelayanan pencetakan KTP-el setiap hari dilayani, jika tidak ada kendala ganguan teknis pada printernya.

Sejauh ini, Disdukcapil Pagaralam melakukan percepatan penerbitan KTP-el dan akta kelahiran merujuk edaran Mendagri RI No 471/17668/SJ. Yang mana menegaskan, per tanggal 1 Mei 2016, penduduk sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah dan tidak sedang menetap di luar negeri wajib melakukan perekaman paling lambat 30 September 2016 mendatang. “Kita imbau yang sudah 17 tahun atau sudah menikah untuk segera melakukan perekaman. Termasuk penduduk yang belum memiliki akta kelahiran,” katanya.

Diakuinya, masih banyak masyarakat yang belum mengantongi KTP-el, pun akta kelahiran. Sejauh ini, kendala di lapangan kerap dihadapi petugas untuk melakukan pencetakan, seperti ganguan jaringan saat dilakukan pengentrian ataupun kerusakan mesin printer ketika pencetakan KTP-el. “Saat ini, pencetakan bisa dilakukan dan tak terkendala untuk perekaman. Sudah bisa dilakukan di lima kantor camat,” katanya. (dio)

 

 

 

LEAVE A REPLY