Sriwijaya Air Terbangi Palembang-Jogja

0
1333

 

RADAR PALEMBANG – Makapai Penerbangan NAM Air yang merupakan anak perusahaan dari Sriwujaya air mulai 20 Agustus mendatang mulai membuka rute penerbangan Palembang-Yogyakarta setiap hari. Pembukaan rute ini untuk menyasar kalangan wisatawan, pelajar dan para pegawai.

Distrik Manager Sriwijaya Air Cabang Palembang Darmando Purba mengungkapkan, pembukaan rute tersebut merupakan tonggak awal Sriwijaya Air untuk terus ekspansi rute, sebab kedepan Sriwijaya Air memiliki rencana jangka panjang untuk terus memperbanyak rute khususnya di Jawa.

“Jika memang pembukaan rute Palembang-Jogja ini sukses dan mendapatkan respon dari masyarakat, kita akan menambah menjadi dua penerbangan setiap hari, namun jika tidak terlalu terjadi kepadatan kita sudah menyiapkan setrategi kedua yakni dengan mencari rute penerbangan alternatif,” kata Darmando Rabu (6/8).

Namun dia enggan untuk membeberkan dua rute yang sekang masuk dalam kajian jangka panjang Sriwijaya Air. “Yang jelas rute yang kita bidik ada dua semuanya berpotensi di Jawa,” kata dia.

Jika mengacu pada provinsi yang ideal untuk dibuka rute penerbangan bisa Kota Bandung, Surabaya atau bergeser sedikit ke Provinsi Bali, pasalnya jika melihat jumlah penduduk dan kondisi perekonomiannya tiga kota tersebut paling potensial.

Khusus untuk kota bandung, sejauh ini sudah ada beberapa maskapai yang mencoba membuka rute tersebut, namun ada yang tutup dan ada juga yang masih beroperasi namun sedikit tersendat. Sementara untuk Surabaya, meski belum ada penerbangan langasung dari Palembang ke sana, namun Kota ini juga memiliki potensi yang besar, banyak Santri asal Sumsel yang sekolah disana, sementara kondisi perekonomian dan jumlah penduduk juga sangat mendukung.

Dua provinsi lain yang ada di Jawa yakni Banten dan Jawa Tengah nampaknya kurang setrategis untuk dibuka rute penerbangan. Banten misalnya, saat ini sudah memiliki rute Palembang-Jakarta yang menggunakan bandara Soekarno-Hatta yang adadi Cengkareng Tangerang, sementara untuk Semarang Jawa Tengan secara letak geografis masih dekat dengan Jogja.

Ekspansi rute baru ditahun ini terus dilakukan maskapai penerbangan Sriwijaya Air yang melayani rute direct flight (terbang langsung) dari Palembang menuju Yogyakarta.

Rute teranyar milik Sriwijaya Air ini akan resmi mengudara pada 20 Agustus mendatang sehingga pemesanan tiket mulai sekarang sudah bisa dipesan oleh calon penumpang. “Banyak faktor mengapa kita akhirnya membuka rute Palembang tujuan Yogyakarta tanpa transit di Jakarta, salah satunya Yogyakarta menjadi kota tempat orang berlibur apalagi banyak obyek wisata yang bisa didatangi,” ujarnya.

Alasan lainnya market yang masih menjanjikan membuat Sriwijaya Air tergiur melayani rute ke kota gudeg setelah sebelumnya pernah dilintasi oleh maskapai lain yang akhirnya tutup.

Seperti banyaknya para pekerja yang berada di Palembang namun berasal dari daerah Yogyakarta dan sekitarnya, belum lagi mahasiswa asal Palembang juga banyak menimba ilmu di kota pelajar. “Mengenai izin penerbangan rute Palembang ke Yogyakarta sudah kita kantongi pada pekan lalu sehingga kita tinggal menunggu operasionalnya saja,” katanya.

Sebagai langkah awal, penerbangan langsung rute ini baru akan dilayani satu kali dalam sehari yakni pada pukul 14.35 WIB sedangkan dari Yogyakarta ke Palembang pukul 10.35 WIB. Dengan harga tiket mulai dari Rp700.000 sampai Rp2 jutaan untuk kelas executive, harga ini diakui Darmando cukup murah ketimbang penumpang membeli tiket namun harus transit di Jakarta.

“Selain harga tiketnya lebih murah, penumpang juga hemat waktu karena tidak harus menunggu pesawat transit di Jakarta, dan kita perkirakan pada akhir pekan menjadi waktunya tingkat keterisian penumpang cukup tinggi,” bebernya.

Rute terbaru dengan lama tempuh di udara 1 jam 40 menit ini akan menggunakan pesawat Boeing 737-500 dengan kapasitas 120 penumpang dengan 112 kursi di kelas ekonomi dan 8 kursi untuk kelas executive, jenis pesawat yang digunakan juga disesuaikan dengan kebutuhan pasar. (iam)

 

LEAVE A REPLY