Sosialisasikan Eco Enzyme ke Para Guru SDK Frater Xaverius 02 Palembang

0
150
SOSIALISASI: Komunitas Eco Enzyme Sumsel saat sosialisasi di di SDK Frater Xaverius 02 Palembang, Kamis (25/2/2021).

RADAR PALEMBANG – Komunitas Eco Enzyme Sumsel kembali memperkenalkan  Eco Enzym kepada masyarakat luas. Kali ini sosialisasi dilakukan  kepada para guru dan karyawan di SDK  Frater  Xaverius 02 Palembang Kamis (25/2/2021).

Drg Yessi panitia pelaksana didampingi Harris panitia lain mengatakan,  sosialisasi Eco Enzyme bersama Komunitas Eco Enzyme Sumsel terselenggara oleh adanya antara kesepakatan antara Kepala Sekolah SDK Xaverius 2 Palembang, Frater M. Innocentius, BHK, S.Pd., dengan panitia pelepasan kelas 6 SDK Xaverius 2 tahun 2020-2021.

“Ide diadakannya sosialisasi Eco Enzyme ini merupakan salah satu kenang-kenangan dari panitia pelepasan kelas 6 agar selepas anak-anak kelas 6 menyelesaikan pendidikannya di SDK Xaverius 2, ilmu mengolah limbah organik rumah tangga akan tetap dipraktikkan oleh para guru dan orang tua siswa bahkan oleh siswanya untuk menghasilkan Eco Enzyme yang bermanfaat bagi pembuatnya maupun bagi alam sekitar,”katanya.

Drg Yessy juga mengatakan,  kegiatan kali ini sejalan dengan salah satu semangat dan jiwa sekolah SDK  Xaverius 2 : “Selamatkan Lingkungan untuk hari esok yang lebih baik” – Save the  environment for a better tomorrow. “Kegiatan ini sekaligus menambah kegiatan peduli  lingkungan untuk program Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sumatera Selatan, yaitu sekolah yang peduli lingkungan hidup yang merupakan apresiasi dari Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang,”ujarnya.

Drg  Yessy  juga menjelaskan tentang apa itu Eco Enzyme  yakni produk hasil fermentasi yang berwarna coklat dan beraroma fermentasi asam manis yang kuat dan memiliki banyak manfaat di kehidupan sehari-hari. Manfaat pertama bisa menjadi karbol alami untuk kamar mandi dan wc serta mampu membersihkan lantai, menghilangkan bau tidak sedap di kamar mandi tetapi sangat aman untuk kulit sensitif atau alergi. Kedua, sebagai sabun cuci baju dan memutihkan pakaian serta baju berwarna tidak akan rusak.

Ketiga sebagai pewangi dan pelembut pakaian, keempat sebagai pupuk organik dan bisa membuat tanah gersang menjadi tanah yang bisa ditumbuhi lagi. Kelima sebagai penghilang pestisida, herbisida, insektisida, bahan kimia, logam berat, sel parasit sampai 85% pada buah dan sayur.

Keenam, pelawan 6 jenis kuman dan 4 jenis parasit. Ketujuh, sabun cuci piring. Kedelapan, sebagai perontok kerak pada panci. Kesembilan, pembersih alat dapur dan memasak. Kesepuluh pembersih kaca, Kesebelas, pengurang radiasi pada barang-barang elektronik. Duabelas, pemurni udara. Tigabelas pelancar saluran pipa pembuangan toilet maupun kitchen sink.

Empatbelas, campuran pada shampoo. Lima belas pereda infeksi kulit dan alergi kulit. Enambelas obat antiseptic. Tujuh belas detoks tubuh, Delapan belas, pembersih logam kuningan. “jadi sangat banyak sekali manfaatnya,”katanya.

Sementara itu,  Fr M. Innocentius BHK, SPd, Kepala Sekolah SDK Frater Xaverius 02 Palembang mengapresiasi kegiatan sosialisasi eco enzyme ini. “Saya tak menduga banyak sekali manfaat dari Eco Enzyme ini. Mudah-mudahan ilmu yang sangat bermanfaat ini berguna dan  bisa disosialisasikan lagi kepada yang lain ,”ungkapnya. (sep)

 

LEAVE A REPLY