SMP Negeri 1 Semendawai Barat sukses Luncurkan Program Eco Literasi 

0
196
Suasana peluncuran Eco Literasi SMPN 1 Semendawai Barat

Pertama di Sumsel

RADAR PALEMBANG – SMP Negeri 1 Semendawai Barat sukses meluncurkan program Eco Literasi dalam pengembangan bakat literasi peserta didik melalui kegiatan Gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup (GPBLH). Program ini merupakan kali pertama di Provinsi Sumsel yang melakukan pembinaan dan pengembangan bakat literasi anak didik, dengan kegiatan terintegrasi GPBLH divsekolah yang menjadi jantung pelaksanaan program sekolah Adiwiyata.

Terlebih SMP Negeri 1 Semendawai Barat saat ini merupakan salah satu sekolah Adiwiyata Provinsi Sumatera Selatan Binaan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU Timur.

Ketua Tim Adiwiyata, Angga Permana MPd mengatakan, pelaksanaan kegiatan Eco-Literasi didasari oleh berbagai sumber yang menyebutkan bahwa Unesco meletakkan Indonesia pada urutan ke-2 dari bawah perihal literasi.

“Artinya minat baca orang Indonesia masih sangat rendah. Hal ini membuat kita dari SMP Negeri 1 Semendawai Barat menggagas sebuah kegiatan yang diharapkan dapat mendorong meningkatnya literasi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Ditambahkan, kegiatan eco literasi ini merupakan program prioritas Tim pengembang Adiwiyata SMPN 1 Semendawai Barat serta salah satu bentuk kerjasama antara SMPN 1 Semendawai Barat dengan Komunitas Penulis Griya Mata Pena Kabupaten OKU Timur pimpinan Hj Sri Astini SPd SD.

“Output kegiatan Eco-Literasi ini adalah pembuatan buku yang Inshaa Allah nantinya memiliki edisi. Untuk isinya merupakan hasil karya siswa-siswi yaitu berupa cerita pendek, puisi, pantun, artikel dan opini serta pengetahuan ilmiah, inovasi-inovasi dan pelaksanaan program Adiwiyata maupun literasi lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Semendawai Barat Hasanudin mengatakan, pihak sekolah siap mendukung dan memfasilitasi siswa-siswi melalui komunitas dalam mengembangkan bakatnya terkait literasi.

“Kita mengharapkan melalui program tersebut karakter peduli lingkungan dan cinta literasi dapat menjadi suatu kebiasaan yang melekat pada siswa dan siswi khususnya SMP Negeri 1 Semendawai Barat,” pungkasnya. (awa)

 

LEAVE A REPLY