SMA N 1 Siap Raih Adiwiyata Nasional

0
1512

 

RADAR PALEMBANG – SMA Negeri 1 Palembang menyiapkan diri menerima penghargaan Adiwiyata tingkat nasional. Sebab, tahun-tahun sebelumnya sekolah favorit ini sudah meraih juara Adiwiyata tingkat kota, maupun provinsi. Kini, SMAN 1 siap bersaing memperebutkan gelar bergengsi bidang lingkungan tingkat sekolah tersebut.

Setelah satu tahun menyandang juara Adiwiyata tingkat kota, provinsi, bukan tidak mungkin sekolah ini meraih penghargaan di level nasional yang rencananya akan diumumkan pada Oktober 2015 nanti. “Jika SMAN 1 nanti mendapat juara nasional, maka kami akan ke Jakarta untuk mengambil piagamnya,” kata Rosmauli, selaku ketua Adiwiyata SMAN 1, Rabu (18/3).

Mempersiapkan ini para guru dan staf serta seluruh siswa SMA Negeri 1 ikut terlibat seperti melakukan kerja bakti, membersikan lingkungan sekitar sekolah. Selain itu pihak sekolah juga melakukan perbaikan taman-taman di sekolah.

Selain itu, mereka membuat kebun, tambang ikan lele, jamur tiram dan membuat bank sampah. Semua ini adalah sebagai bentuk untuk menunjang agar bisa menang di tingkat nasional. Rosmauli menjelaskan bahwa seluruh guru dan siswa juga ikut berperan dalam menjaga tambang lele, menjaga kebun, dan merawat semua yang ada di SMAN 1 Palembang. Satu program kebun misalnya Rumah Bayang yang diawasi dan dikontrol oleh dua guru dan sepuluh siswa. “Kalau ada waktu luang seperti hari Senin, siswa tidak ada pelajaran tambahan maka kami bersihkan kebun baik itu bersama guru dan siswa.“

Selain itu, ada 130 siswa yang menjadi duta lingkungan di tiap kelas yang ada di Gedung A, B, C, dan D. Sekolah juga sudah menyediakan bank sampah yang setiap hari ada petugas yang mengambil. Jadi semua sampah plastik dihargai Rp2000 per kilogram, Rp1500 rupiah untuk siswa dan Rp500 untuk petugas yang jaga,” jelasnya.

Dari hasil tanaman di kebun dan tambak lele, selanjutnya dipasarkan guru dan siswa di sekolah, yang banyak paling banyak diminati itu adalah jamur tiram. “Jamur selalu kekurangan saat panen. Dengan adanya bank sampah ini sangat memdukung dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat,” ujar dia.(rd2)

 

 

LEAVE A REPLY