Serunya Cerita Dibalik Edisi 100 Tokoh Inspirasi Sumsel

0
1028

 

Kamis 20 November 2014   Harian Bisnis Radar Palembang terbit 120 halaman dengan edisi khusus yang berisi 100 Tokoh Yang Mengispirasi di Sumsel. Siapa menyangka, tukang ayam menjadi walikota? Siapa sangka, seorang pengusaha warnet di sebuah ruko, melesat menjadi pemilik lembaga pendidikan tinggi terkemuka. Cerita-cerita seperti itu tergambar dalam profil 100 Tokoh Inspriasi Sumsel–hasil kerjasama Radar Palembang dan IMA Sumsel– yang ditampilkan koran ini.

Sukses itu tidak ada tiba-tiba. Perlu perjuangan, kreativitas dan kaya ide serta ketekunan. Lihat saja, sukses yang diraih William Henry Bill Gates (Bill Gate). Pada umur 20 tahun (1975), yaitu saat tahun keduanya di Harvard University, dia mengembangkan sebuah algoritma ‘Pancake Sorting’ sebagai salah satu solusi dari serangkaian masalah pemograman yang belum terpecahkan. Akhirnya, bersama Paul Allen, Bill Gates mendirikan Micro-soft, sebuah usaha kecil-kecilan perangkat lunak bagi komputer.

Microsoft sekarang tumbuh menjadi perusahaan software raksasa yang memproduksi berbagai software esensial seperti Windows dan Ms Office. Microsoft saat ini telah berhasil mengorbitkan Bill Gates sebagai orang terkaya nomor 1 versi Forbes.

Begitu juga dengan Steven Paul Jobs. Pada usia 21 (tahun 1976), Steven Jobs, bersama dengan Steve Wozniak dan Ronald Wayne mulai merintis pendirianApple Computer, sebuah perusahaan rumah tangga produsen komputer rakitan.

Setelah melalui proses panjang dan hampir bangkrut karena kalah bersaing dengan IBM dan Windows, Apple saat ini telah berhasil merajai dunia dengan berbagai produk canggihnya, dari iPhone, iBook, hingga sistem operasi kenamaan Machintosh. Sekarang, Steven adalah pimpinan Apple Computer.

Ia juga salah satu orang pertama yang mengkomersilkan GUI (graphical user interface) dan Mouse yang dikembangkan Xerox. Steven juga memimpin Pixar Animation Studios, sebuah perusahaan animasi terkemuka produsen film “Nemo”. Steven Jobs adalah pria paling kaya no 136 versi Forbes.

Lain lagi Jerry Yang. Pada usia 26 tahun (1994), yaitu saat ia kuliah di Teknik Elektro, Stanford University, Jerry Yang bersama David Filo menciptakan sebuah website yang terdiri dari direktori situs-situs lain. Pada awalnya, situs ini bernama “Jerry and Dave’s Guide to World Wide Web”, yang kemudian berubah menjadi “Yahoo!“, yang mencerminkan seruan keberhasilan mereka dalam proyek tersebut.

Kesibukannya di Yahoo! membuat Jerry tidak mungkin melanjutkan kuliahnya lagi alias drop-out. Pada tahun 2006, Jerry dinobatkan sebagai orang terkaya no 317 versi Forbes, sedangkan David Filo berada di urutan 240. Tokoh-tokoh muda ini memberikan inspirasi kepada dunia.

Demikian juga dengan tokoh Inspiratif yang yang diterbitkan koran ini layak untuk ditelusuri, dicermati dan ditauladani karena perjalanan mereka menuju sukses penuh lika-liku. Perjuangan dan kreativitas mereka layak dijadikan pemantik menuju kesuksesan.

Belajar berdiri lalu jatuh. Bangun lalu merangkak. Jatuh lagi dan bangun lagi lalu berjalan. Jatuh dan bangun lagi lalu berlari kencang. Hasilnya adalah kesuksesan. Itu tergambar dalam 100 Tokoh Inpsirasi yang ditampilkan koran ini.

Sering perjalanan waktu, Radar Palembang tubuh dan berkembang.   Perjalanan harian ini penuh dinamika. Pertengahan 2003, Radar Palembang terbit sebagai koran umum. Memasuki tahun ke tiga, seiring dengan potensi pasar dan pergerakan perekonomian di Sumsel yang trennya selalu meningkat, Radar Palembang memutar haluan pemberitaan dengan menonjolkan berita-berita ekonomi dan bisnis.

Sejak saar itu, Radar Palembang yang semula Koran Umum, berubah total menjadi Koran Bisnis dengan brand Harian Bisnis Radar Palembang. Memasuki usia ke-11 tahun, media ini   telah menjadi salah satu kekuatan baru di Sumsel. Kini, media ini juga telah menjadi salah satu rujukan bagi para pengambil kebijakan baik di lingkungan birokrasi, politisi terutama para profesional yang bergelut di bidang ekonomi dan bisnis baik owner maupun eksekutif sebuah perseroan.

Sesuai dengan positioning koran ini, yaitu sebagai Inspirasi Bisnis Masyarakat   Sumsel, Radar Palembang selalu terus berusaha menghadirkan berita-berita informatif yang dapat memantik muculnya ide baru bagi kalangan professional. Pada usia ke-11, Radar Palembang menerbitkan 100 tokoh Sumsel yang dianggap dapat memberikan insipirasi bagi publik.

Harapannya, lika-liku perjalanan 100 tokoh yang terpilih, dapat mengilhami para pembaca terutama kawula muda dalam memulai kehidupan. Memulai kehidupan di dunia usaha sehingga menjadi entrepreneurship sejati.

Penerbitan 100 Tokoh Inspirasi Sumsel tidak ujug-ujug muncul begitu saja. Tokoh-tokoh yang terpilih harus memiliki persyaratan yang ketat. Salah satunya adalah, memiliki perjalanan yang heroik menuju kesuksesan. Persyaratan penting lainnya adalah tidak tersangkut masalah hukum.

Untuk menyeleksi para Tokoh Insiprasi Sumsel ini, Radar Palembang bekerjasama dengan IMA, Sumsel. Radar Palembang dan IMA sama-sama hunting, mencari, melacak dan mengumpulkan informasi tentang sejumlah tokoh. Arah pelacakan adalah, insipirasi apa yang menarik disampaikan kepada publik dari seorang tokoh itu. Proses lebih penting dari hasil. Artinya, lika-liku perjalanan seorang tokoh dalam menuai keberhasilan lebih penting. (redaksi)

 

LEAVE A REPLY