Sensus Ekonomi Kemungkinan Diperpanjang

0
439

 

RADAR PALEMBANG – Hari ini, Selasa (31/5/2016) merupakan batas akhir pelaksanaan Sensus Ekonomi (SE) 2016. Proses pendataan seluruh sektor ekonomi, kecuali pertanian ini, sudah mencapai 95 persen dan ada kemungkinan akan diperpanjang hingga 15 Juni mendatang. Perpanjangan masa SE bersifat melengkapi data dari petugas, atau yang sifatnya kondisional, seperti ada responden yang masih meminta waktu untuk dilakukan sensus. Kota Palembang, dinilai Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, paling kompleks proses pendataannya.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala BPS Yos Rusdiansyah, Senin (30/5/2016). “Untuk wilayan kerja (Sumsel,red) sudah kisaran 94-95 persen. Besok (hari ini,red) mudah-mudahan selesai kerjanya,”kata Yos kepada Radar Palembang. Tercatat, pendataan BPS Sumsel, responden pelaku usaha mengalami kenaikan dibandingkan Sensus Ekonomi terakhir, 2006. Berdasarkan data per 24 Mei lalu, jumlah pelaku usaha masuk 330 ribu dan menjadi 360 ribu pelaku usaha per 30 Mei 2016. “Petugas terus menyisir responden,”ulas dia.

Belum selesai pendataan 100 persen tersebut, akui dia, mereka (petugas Sensus,red) ada di lapangan (wilayah kerja,red), namun belum semua wilayah kerjanya didata. “Masih ada 1 hari lagi untuk mengumpulkan hasil seluruh wilayah kerjanya,”jelasnya. Ia menambahkan, karena ini memang bulan sensus (1-31 Mei 2016), diharapkan semua wilayah sudah didatangi petugas. Yos mengakui, tak terlalu banyak lagi responden yang akan didata. “Hanya ada beberapa responden saja yang belum dikunjungi.”

Selain itu, sambung dia, petugas BPS akan melakukan cek apakah tugas yang diembankan ke petugas sensus ekonomi dianggap oke atau belum. Pengecekan dilakukan di seluruh kabupaten dan kota di Sumsel. “Kalau belum oke, maka datanya akan diminta lagi,”jelas Yos.
Sisa satu hari terakhir di bulan Mei, BPS memastikan akan tetap bisa dilakukan sensus di Juni-nya. “Petugas sensus akan tetap menyisir ke lapangan, karena dalam kontraknya (petugas sensus,red) masih ada tambahan setengah bulan kedepan, atau sampai 15 Juni mendatang,”kata dia.

Masa tambahan waktu tersebut, adapun sejumlah kendala yang ditemui, yakni, ada responden yang akam didatangi kembali karena data kurang lengkap, ada responden yang belum bisa ditemui dan ada juga responden yang akan meminta konsultasi dari kantor pusat mereka. “Secara prinsip sudah dilakukan kunjungan, tapi ada isian yang belum lengkap,”jelasnya.

Kota Palembang dinilai merupakan wilayah kerja cukup komplek dibandingkan kabupaten dan kota lainnya. “Kita masih berusaha, dan terus optimis dalam sisa waktu tersisa akan selesai di Mei dan Juli ini,”ujar dia.

Jumlah pelaklu usaha di Sumsel meningkat drastis dibandingkan sensus ekonomi 2016 lalu. Apalagi, saat ini ada begitu banyak usaha baru yang digeluti. Contohnya usaha online. Bahkan dibebarapa daerah sudah menangkap transaksi melalui online seperti Palembang, Lahat, Pagar Alam, Musi Rawas dan daerah lainya.  ”Ini suatu kemajuan dan hal baik sebab pada 2006 lalu belum ada. Nah ini didapatkan setelah melakukan pendataan dan pengamatan dilapangan,”ujar dia. (dav)

 

LEAVE A REPLY