Selain Cerdas, Mahasiswa Juga Dituntut Terampil

0
243

 

 

RADAR PALEMBANG – Dalam upaya menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing global, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tidak pernah berhenti mengajak dan mendorong perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk tetap kreatif, inovatif dan konstruktif mendisain pembelajaran, sebagai bahan pembekalan dan pembelajaran kepada mahasiswa.

Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki menilai, mahasiswa dituntut memiliki  kompetensi, kualifikasi dan ketrampilan abad ke-21 antara lain terampil berpikir kritis dan memecahkan masalah, kolaborasi berbasis jaringan dan memimpin dengan pengaruh, mampu mengubah arah dan bergerak secara cepat dan efektif dan mampu beradaptasi, mengakses dan menganalisis informasi.

Menurutnya, untuk mengembangkan ini semua, perguruan tinggi perlu mengantisipasi berbagai langkah perubahan yang meliputi komponen utama yaitu penyempurnaan dan melakukan dinamisasi kurikulum yang relevan dengan kebutuhan pengembangan mahasiswa, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan,dan melaksanakan pembelajaran.

“Saya berharap seluruh Universitas di Sumsel terus berkonstribusi mendorong peningkatan kualitas SDM Sumsel, tidak hanya melalui pendidikan akan tetapi juga melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Ishak Mekki saat menjadi pembicara pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) dan pelantikan 7.569 mahasiswa baru Universitas Sriwijaya tahun 2016 di Auditorium Unsri Indralaya, Senin (2/8).

Lebih lanjut Ishak Mekki menjelaskan, Provinsi Sumsel berupaya mendorong untuk melampaui 8 standar pelayanan minimal pendidikan yang telah ditentukan, agar dapat mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas.

Beberapa program kegiatan yang telah dan akan terus dilaksanakan dalam meningkatkan sumber daya manusia di Sumsel terus digulirkan. Program sekolah dan kuliah gratis merupakan loncatan besar dalam mencerdaskan bangsa utamanya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Tingkatkan kemampuan dan cara berpikir, berkreasi, kembangkan kreativitas dan imajinasi sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Universitas Sriwijaya tentunya punya cara sendiri dalam menyiapkan SDM yang berkualitas itu,” terang Ishak Mekki dihadapan para Mahasiswa. (rel/dav)

LEAVE A REPLY